Pengaruh Media Kombinasi Flashcard Braille dan Media Realia Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Siswa Tunanetra Kelas I di SLB Samala Nerugrasa Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.632Keywords:
Flashcard Braille, Media realia, Abjad, TunanetraAbstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media flashcard Braille dan media realia terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada siswa tunanetra kelas I di SLB Samala Nerugrasa Lumajang. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek dari penelitian ini adalah anak Tunanetra dengan inisial R. Pengumpulan data dari penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Penelitian dilakukan sebanyak 10 sesi. Hasil persentase dari fase baseline (A) yaitu 27%, 25%, 25%, 32%, dan 25%. Dan mengalami peningkatan pada fase intervensi (B) yaitu 36%, 45%, 59%, 68%, dan 68%. Maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh dari media kombinasi flashcard Braille dan media realia terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada siswa Tunanetra kelas I di SLB Samala Nerugrasa Lumajang.
Downloads
References
Hadi, Purwaka. (2005). Kemandirian Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sunanto, Juang. (2005). Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI
Mais, Asrorul. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV. Pustaka Abadi
Pujiastuti, Leni. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Pada Pembelajaran Berbicara(Penelitian Eksperimen Semu terhadap Siswa Kelas VII SMP Yas Bandung Tahun Ajaran 2012-2013). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Somantri, Sutjihati. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Reflika Aditama
Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Subjek Tunggal. Bandung:UPI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.