Hubungan Antara Semangat Kerja dan Kinerja Dosen Dalam Melaksanakan Pembelajaran Online di UNIPAR

Authors

  • Ardansyah Panji Utama
  • Bendot Tri Utomo Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP PGRI Lumajang
  • Andika Putranta Utama Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.629

Keywords:

Semangat Kerja,, Kinerja Dosen, Pembelajaran Online

Abstract

Keadaan sekarang yang menghadirkan virus Corona (Covid-19) apalagi bermacam-macam jenis varian dan di seluruh dunia menjadi pembicaraan yang hangat khususnya di Indonesia. Covid-19 adalah penyakit menular melalui mata, hidung, mulut, tangan yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan. Dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 sangatlah serius, dimana terjadi penutupan industri, berdagangan dan lembaga pendidikan. Di bidang pendidikan bisa dirasakan yang tadinya pembelajaran dan perkuliahan dilakukan secara tatap muka sekarang sudah beralih menjadi WFH (Work From Home) atau SFH (Study From Home) sampai batas waktu yang belum jelas berakhirnya Covid-19 ini. Walaupun demikian pembelajaran online atau daring ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan mahasiswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan semangat kerja dan kinerja dosen UNIPAR. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan variabel bebas (X) adalah semangat kerja dan variabel terikat (Y) adalah kinerja dosen. Analisis yang digunakan korelasi product moment dengan hasil sebesar  0,499 dengan taraf  siginifikasi 0,008. Dengan demikian terdapat korelasi yang sangat signifikan antara semangat kerja dan kinerja dosen dalam melaksanakan pembelajaran online di Universitas PGRI Argopuro Jember (UNIPAR).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Utama, A. P., Utomo, B. T., & Utama, A. P. (2022). Hubungan Antara Semangat Kerja dan Kinerja Dosen Dalam Melaksanakan Pembelajaran Online di UNIPAR. SPEED Journal : Journal of Special Education, 5(2), 6–14. https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.629