Efektivitas Media Video Pembelajaran dalam Bahasa Isyarat untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Tuli

Authors

  • Sarwo Edy Wibowo Universitas Sebelas Maret
  • Arsy Anggrellangi
  • Erma Kumalasari Universitas Sebelas Maret
  • Subagya Subagya Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.625

Keywords:

media, video, kesehatan reproduksi, remaja, tuli

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran dalam bahasa isyarat untuk mengetahui peningkatan kesadaran kesehatan reproduksi bagi remaja tuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan One-Group Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah remaja tuli dengan teknik sampel tertuju. Pengumpulan data dengan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan perhitungan Aiken’s V, dan uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik penilaian konsistensi para rater. Analisa data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh hasil Zhitung: -2.371 dengan Asymp. Sig. (2-tailed): 0.018 atau p: 0.018 lebih kecil dari ?: 0.05. Akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka diketahui bahwa media video pembelajaran dalam bahasa isyarat efektif untuk meningkatkan kesadaran remaja tuli mengenai kesehatan reproduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional & United Nations Children’s Fund. (2004). Remaja Hari Ini adalah Pemimpin Masa Depan. Jakarta: BKKBN Pusat.
Daryanto. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dinas Kesehatan Jawa Tengah. (2019). Jateng 5 Besar Provinsi Kasus HIV Tertinggi di Indonesia. Semarang: Dinas Kesehatan Jawa Tengah.
Ferdiana, C., Susanto, E. H., & Aulia, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Tinder dan Fenomena Pergaulan Bebas di Indonesia. Koneksi, volume 4 nomor 1 halaman 112-118.
Hearing Dogs for Deaf People. (2020). The Impact of Deafness. https://www.hearingdogs.org.uk/deafness-and-hearing-loss/impacts-of-deafness/
Komisi Penanggulangan AIDS. (2020). Angka HIV AIDS Kabupaten Boyolali 2015 s/d 2020. Boyolali: Komisi Penanggulangan AIDS.
Nixon, C. L. (2014).Current perspectives: The impact of cyberbullying on adolescent health. Adolesc Health Med Ther, volume 5 nomor 1 halaman 143-158.
Rohmatun, A. S. (2011). Efektivitas Media Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Berita pada Anak Tunarungu di SMPLB Karya Mulia Surabaya. Tidak diterbitkan. Fakultas Dakwah Institut Agama ISlam Negeri Sunan Ampel: Surabaya.
Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa (R. Refika (ed.)). Bandung: Refrika Aditama.
Starrs, dkk. (2018). Accelerate Progress Sexual and Reproductive Health and Rights for All. The Guttmacher Lancet Commission, volume 391 nomor 18 halaman 2642-2692.
United Nations Children’s Fund. (2017). The state of the world’s children 2017. UNICEF, New York.
Victoria State Government. (2020). Women's sexual and reproductive health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/campaigns/womens-sexual-and-reproductive-health.
World Health Organization. (2020). Reproductive health in the Western Pacific. https://www.who.int/westernpacific/health-topics/reproductive-health.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Wibowo, S. E., Anggrellangi, A., Kumalasari, E., & Subagya, S. (2022). Efektivitas Media Video Pembelajaran dalam Bahasa Isyarat untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Tuli. SPEED Journal : Journal of Special Education, 5(2), 1–5. https://doi.org/10.31537/speed.v5i2.625