Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kemampuan Orientasi Mobilitas Pada Siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember

Authors

  • Lailil Aflahkul Yaum SLB-A TPA Jember
  • Reni Prima Wardani SLB-A TPA Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v5i1.513

Keywords:

Tunanetra, permainan outbound, orientasi mobilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan outbound terhadap kemampuan orientasi mobilitas pada siswa tunanetra di SLB-A TPA Jember. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subyek penelitian ini adalah siswa tunanetra yang berinisial PD. Penelitian dilakukan sebanyak 10 sesi yang dilakukan pada fase baseline (A) dengan hasil 54%, 54%, 54%, 58%, 62%. Sedangkan pada fase intervensi (B) antara lain 66%, 70%, 75%, 75% dan 79%. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Maka diketahui bahwa ada pengaruh permain outbound terhadap kemampuan orientasi mobilitas pada siswa tunanetra di SLB-A TPA Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Yaum, L. A., & Wardani, R. P. (2021). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kemampuan Orientasi Mobilitas Pada Siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.31537/speed.v5i1.513