Kepemimpinan Transformasi di Sekolah Dalam Meningkatkan Outcomes Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v5i1.512Keywords:
Kepemimpinan, transformasi, peserta didikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan outcomes peserta didik dalam kepemimpinan transformasi yang dilaksanakan oleh guru. Adapun bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan subyek penelitian siswa kelas 7 C di SMP Negeri 11 Jember. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dengan pengamatan dan wawancara langsung tatap muka maupun wawancara tidak langsung melalui pengisian angket. Pengumpulan data selanjutya adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan outcomes peserta didik dalam gaya kepemimpinan transformasi yang dilaksanakan guru. Dari hasil analisis penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran kepada guru untuk bersemangat meningkatkan kemampuannya dalam mengimplementasikan kepemimpinan transformasional yang kemudian mengembangkannya sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada pada masing-masing sekolah. Pada lembaga pendidikan peneliti memberikan saran agar kepemimpinan dalam lembaga ditingkatkan dengan melaksanakan koordinasi yang lebih lanjut sehingga tercipta efektifitas dan efisiensi kepemimpinan transformasional di sekolah SMP 11Jember