Studi Deskriptif Bimbingan Karir Untuk Kemandirian Siswa Tunarungu di SMALB
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.334Keywords:
Bimbingan karir, Siswa tunarunguAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di lapangan mengenai bimbingan karir untuk kemandirian siswa tunarungu di SMALB. Bimbingan karir di SMALB adalah salah satu cara untuk membantu siswa tunarungu melatih keterampilan hidup agar mempunyai kemandirian atau pilihan kerja yang tepat saat lulus sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan karir untuk kemandirian tunarungu dan kendala yang dihadapi saat pelaksanaan bimbingan karir serta mencari solusi dari permasalahan tersebut. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa tunarungu di SMALB dan guru pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karir di SMALB sudah cukup baik dengan adanya program-program bimbingan yang siswa tunarungu mampu melatih keterampilan, sedangkan kendala dari bimbingan karir ada pada komunikasi yang terhambat serta kurangnya kerjasama dengan perusahaan atau lembaga kerja. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut guru pembimbing menggunakan juru bahasa isyarat dan pihak sekolah mulai menjalin kerjasama dengan perusahaan maupun lembaga kerja