Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Media Mozaik Untuk Siswa Tunagrahita Sedang Kelas III Di SDLB Wira Kusuma Prigen Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.325Keywords:
Tunagrahita sedang, media mozaik, kemampuan mengenal warnaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan dengan menggunakan media mozaik terhadap kemampuan mengenal warna pada siswa tunagrahita sedang kelas III di SDLB Wira Kusuma Prigen. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa tunagrahita sedang kelas III yang berinisial AN dan NF dengan usia masing-masing 11 dan 13 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tiap siklus mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II rata-rata 13, dari siklus I ke siklus III rata-rata 29 dan dari siklus II ke siklus III rata-rata 16. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna pada siswa tunagrahita sedang kelas III di SDLB Wira Kusuma Prigen melalui media mozaik