Pengaruh Permainan Halang Rintang Terhadap Kemampuan Orientasi dan Mobilitas Pada Siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Muhammad As'ad Nuril Arifin

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.323

Keywords:

Permainan halang rintang, Orientasi dan Mobilitas, Tunanetra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan halang rintang terhadap kemampuan orientasi dan mobilitas pada siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember Tahun ajaran. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Metode analisa menggunakan Uji Sign Test. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experiment pada Statistik non parametrik dengan desain penelitian one-group pre test – post test design. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa tunanetra dengan nilai rata-rata sebelum treatment (pre-test) yaitu 59 dan nilai rata-rata sesudah treatment (posttest) yaitu 77. Dari hasil uji menggunakan ? = 5% (1,645) pada uji sign test diperoleh nilai Zh = 2,236 > Ztabel = 1,645. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut terbukti bahwa permainan halang rintang berpengaruh terhadap kemampuan orientasi mobilitas siswa tunanetra

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Arifin, M. A. N. (2020). Pengaruh Permainan Halang Rintang Terhadap Kemampuan Orientasi dan Mobilitas Pada Siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember Tahun Ajaran 2018/2019. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.323