Pengaruh Permainan Halang Rintang Terhadap Kemampuan Orientasi dan Mobilitas Pada Siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.323Keywords:
Permainan halang rintang, Orientasi dan Mobilitas, TunanetraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan halang rintang terhadap kemampuan orientasi dan mobilitas pada siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember Tahun ajaran. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Metode analisa menggunakan Uji Sign Test. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experiment pada Statistik non parametrik dengan desain penelitian one-group pre test – post test design. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa tunanetra dengan nilai rata-rata sebelum treatment (pre-test) yaitu 59 dan nilai rata-rata sesudah treatment (posttest) yaitu 77. Dari hasil uji menggunakan ? = 5% (1,645) pada uji sign test diperoleh nilai Zh = 2,236 > Ztabel = 1,645. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut terbukti bahwa permainan halang rintang berpengaruh terhadap kemampuan orientasi mobilitas siswa tunanetra