Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca

Authors

  • Rosika Novia Megaswarie PLB FIP IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.320

Keywords:

Membaca permulaan, anak berkesulitan belajar membaca

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca belum berkembang dengan optimal. Anak masih mengalami kesulitan dalam mengenal simbol huruf dan membaca suku kata. Tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi metode bercerita terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini merupakan anak berkesulitan belajar membaca dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes lisan. Hasil analisis data menunjukkan adanya perkembangan kemampuan membaca permulaan setelah diberikan intervensi menggunakan metode bercerita. Hal ini dibuktikan dengan anak mampu mengenal simbol, membedakan bunyi kata dalam bacaan, dan mencocokkan gambar dengan tulisan. Penelitian tersebut membuktikan bahwa implementasi metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan terhadap anak berkesulitan belajar membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Megaswarie, R. N. (2020). Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.320