Peningkatan Kemampuan Membuat RPP Tematik Melalui Pelatihan Bagi Guru SLB-C Satuan Pendidikan SDLB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Dra. Tutik Pudjiastuti M.M SLB-C TPA Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.315

Keywords:

Kemampuan Guru, RPP Tematik, Pelatihan

Abstract

Faktor terpenting keberhasilan pendidikan adalah guru yang professional. Usaha-usaha untuk mempersiapkan guru menjadi profesional telah banyak dilakukan. Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua guru memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya. Masalah yang terjadi di SDLB-C TPA Jember yaitu masih ditemukan adanya guru yang kurang maksimal dalam menyusun RPP Tematik. Dengan keadaan demikian, peneliti sebagai pembina sekolah berusaha untuk memberi alternatif solusi, yaitu melalui metode pelatihan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini bertempat di SDLB-C TPA Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01-28 Februari 2018 kepada guru yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP Tematik yang inovatif dan lengkap. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP Tematik dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-08

How to Cite

M.M, D. T. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Membuat RPP Tematik Melalui Pelatihan Bagi Guru SLB-C Satuan Pendidikan SDLB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.315