Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya

Authors

  • Yandika Fefrian Pendidikan Jasmani, FKIP, UNIPA Surabaya
  • Riga Mardhika Pendidikan Jasmani, FKIP, UNIPA Surabaya
  • Santika RH Pendidikan Jasmani, FKIP, UNIPA Surabaya
  • Sumardi Sumardi Pendidikan Jasmani, FKIP, UNIPA Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.288

Keywords:

Penjas Adaptif, Guru ABK

Abstract

Pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pelatihan penjas adaptif bagi guru pendamping anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa SISWA BUDI. Desain dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan pretest posttest design. Metodenya mengunakan pembelajaran Audio visual dan metode pembelajran demostrasi. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 8 peserta. Sebelum dilakukan pelatihan yang terdiri dari 3 sesi pelatihan. Peserta terlebuh dahulu di berlakukan tes awal mengerjakan soal. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuhi pengetahuan awal tentang penjas adaptif. Berdasarkan dari rangkaian kegiatan pelatihan penjas adaptif bagi guru SLB dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang inovasi modifikasi aktifitas fisik untuk anak berkebutuhan khusus meningkat. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata awal sebesar 64.38 setelah mengikuti pelatihan nilai rata-rata naik menjadi 70.62.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-15

How to Cite

Fefrian, Y., Mardhika, R., RH, S., & Sumardi, S. (2020). Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 101–106. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.288

Issue

Section

Articles