Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Siswa Tunarungu Ringan Kelas IX di SLB-B Dan Autis TPA Jember

Authors

  • Anis Yulia Rachman PLB IKIP PGRI Jember
  • Rosika Novia Megaswarie PLB IKIP PGRI Jember
  • Inna Hamida Zusfindhana PLB IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.282

Keywords:

Tunarungu, multimedia interaktif, pembelajaran huruf hijaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap pembelajaran huruf hijaiyah pada siswa tunarungu ringan kelas IX di SLB-B dan Autis TPA Jember. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berinisial BG. Penelitian dilakukan dalam 10 sesi yang dilakukan pada dua fase yaitu fase baseline (A) adalah 60%, 66%, 66%, 70%, dan 60%. Sedangkan pada fase intervensi (B) antara lain 77%, 73%, 80%, 83%, 83%. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Selisih perubahan level dari fase baseline (A) sampai awal fase intervensi (B) meningkat (+17).Maka diketahui bahwa ada pengaruh multimedia interaktif terhadap pembelajaran huruf hijaiyah pada siswa tunarungu ringan kelas IX di SLB-B dan Autis TPA Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Rachman, A. Y., Megaswarie, R. N., & Zusfindhana, I. H. (2020). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Siswa Tunarungu Ringan Kelas IX di SLB-B Dan Autis TPA Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 87–94. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.282

Issue

Section

Articles