Penerapan Metode Discovery Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pembentukan Tanah Pada Siswa Autis Kelas V SLB – B & Autis TPA Jember

Authors

  • Jariyatur Robiah, S.Pd SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.281

Keywords:

metode discovery, media flashcard, hasil belajar IPA, pembentukan tanah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode discovery dengan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan pembentukan tanah pada siswa kelas V SLB – B & autis TPA Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah mata pelajaran IPA, khususnya pada pokok bahasan tentang pembentukan tanah, pada siswa kelas V SLB - B & Autis TPA Jember, dengan jumlah siswa 3 anak. Pelaku tindakan kelas adalah guru kelas V yang dibantu oleh teman sejawat dan kepala sekolah selama melaksanakan penelitian. Tempat penelitian pembelajaran adalah di SLB - B & Autis TPA Jember kabupaten Jember. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I rentang tanggal 4 – 8 februari 2019, siklus II pada rentang tanggal 11 – 15 februari 2019 dan sesuai dengan jadwal kegiatan. Penelitian ini di bantu oleh teman sejawat sebagai rekan kerja dan pengamat dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu hasil belajar IPA pada pokok bahasan pembentukan tanah di kelas V SLB - B & Autis TPA Jember dapat meningkat melalui penerapan metode discovery dengan media flashcard. Hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus I, dari 3 siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (66%) dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa lain (34%).  Sedangkan pada siklus II, semua siswa telah tuntas (100%). Jadi, dari siklus I ke siklus II ada peningkatan hasil belajar sebesar 34%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Robiah, S.Pd, J. (2020). Penerapan Metode Discovery Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pembentukan Tanah Pada Siswa Autis Kelas V SLB – B & Autis TPA Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.281

Issue

Section

Articles