Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ketergantungan Manusia dan Hewan Pada Tumbuhan Melalui Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas V SLB-A TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.280Keywords:
hasil belajar, IPA,, ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan, metode karya wisataAbstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan melalui metode karya wisata pada siswa kelas V SLB-A TPA Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), yang meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Penelitian ini bertempat di SLB-A TPA Jember, pada bulan september. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas V SLB-A TPA Jember pada pokok bahasan tentang ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan. Hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar IPA pada materi pokok ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan kelas V SLB-A TPA Jember dapat meningkat melalui penerapan metode karya wisata. hal ini dapat dilihat bahwa hasil akhir siklus pembelajaran ke II ini semakin meningkat dibanding siklus I, dari rata-rata 60% menjadi 81,67%. dengan demikian, dapat dikatakan hasil belajar ipa pada siklus II dinilai telah tuntas.