Implementasi Brain Gym Dalam Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Asperger Syndrome di Sekolah Berkebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya

Authors

  • Partiwi Ngayuningtyas Adi PLB IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.277

Keywords:

brain gym, konsentrasi, asperger syndrome

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kesulitan konsentrasi yang sering dijumpai pada siswa asperger syndrome. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi brain gym dalam upaya meningkatkan konsentrasi anak asperger syndrome di Sekolah Berkebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan konsentrasi anak asperger syndrome melalui metode brain gym. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian SSR (subyek single research) atau dalam bahasa indonesianya adalah penelitian subyek tunggal. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Berkebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa asperger syndrome kelas 3 SD. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan konsentrasi anak. Konsentrasi anak mengalami perubahan kecenderungan arah positif, perubahan kecenderungan dari tidak stabil menjadi stabil, leverl perubahan meningkat menjadi 20-40 point dan overlap data 12,5 %. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa metode brain gym dapat meningkatkan konsentrasi anak asperger syndrome.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Adi, P. N. (2020). Implementasi Brain Gym Dalam Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Asperger Syndrome di Sekolah Berkebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 39–43. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.277

Issue

Section

Articles