Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Lambat Belajar

Authors

  • Sugihartatik Sugihartatik PLB IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.276

Keywords:

Media gambar, membaca, siswa lambat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca siswa lambat belajar kelas III di SDN  Patrang I Jember . Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 1 Oktober – 15 Oktober 2019. Dengan menggunakan teknik Quota Random Sampling dengan  mengambil sampel penelitian sebanyak 7  siswa lambat belajar dari 37 siswa dalam satu kelas. Data diperoleh dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistic moment. Hasil analisis  = 0,996, Sedangkan tabel  harga kritik untuk N=7. Taraf signifikansi 5 % - 0.754, Taraf signifikansi 1 % = 0.874. Karena hasil hitungan lebih besar dari kedua harga kritiknya maka Ho harus ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar memberikan  pengaruh yang signifikan dalam meningkatkatkan motivasi belajar membaca bagi siswa lambat belajar di kelas III SDN Patrang I Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Sugihartatik, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Lambat Belajar. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 32–38. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.276

Issue

Section

Articles