Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Melalui Kegiatan Team Teaching di SLB AKW Kumara Surabaya Tahun 2018
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.273Keywords:
Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Inovasi Pembelajaran, Kegiatan Team TeachingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Supervisi Akademik sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran melalui kegiatan Team Teaching di SLB AKW Kumara Surabaya Tahun 2018. Subyek dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah guru-guru yang berasal dari SLB AKW Kumara Surabaya yang tergabung dalam kegiatan Team Teaching yang berjumlah 30 orang. Kegiatan ini bertempat di SLB AKW Kumara, yang terletak di Jl. Medokan Semampir Indah 95, Surabaya. Waktu dalam penelitian ini adalah 02 sampai 30 Oktober 2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran melalui Team Teaching. Hal itu terbukti bahwa siklus I ke siklus II, kategori baik dan sangat baik pada aspek Inovasi Perencanaan Pembelajaran meningkat dari 66,67% menjadi 96,67%. Pada aspek Inovasi Materi Pembelajaran meningkat dari 70,00% menjadi 93,33%. Pada aspek Inovasi Metode Pembelajaran meningkat dari 70,00% menjadi 90,00%. Pada aspek Inovasi Media Pembelajaran meningkat dari 76,67% menjadi 96,67%. Pada aspek Inovasi Evaluasi Pembelajaran meningkat dari 70,00% menjadi 96,67%.