Penerapan Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menjahit Bagi Siswa Disabilitas Intelektual di SLB Negeri Patrang Jember

Authors

  • Eko Sumarsono Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Renalatama Kismawiyati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Sugihartatik Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2429

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Menjahit, Siswa Disabilitas Intelektual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menjahit pada siswa disabilitas intelektual di SLB Negeri Patrang Jember. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa disabilitas intelektual, guru keterampilan, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara bertahap dan terstruktur mampu meningkatkan keterampilan teknis siswa, seperti membuat pola, menjahit dengan mesin, dan merapikan hasil jahitan. Selain itu, ditemukan peningkatan dalam aspek afektif seperti rasa percaya diri, kemandirian, dan motivasi belajar. Proyek-proyek yang dikerjakan secara konkret memberikan makna pembelajaran yang lebih kuat dan meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dukungan guru sebagai fasilitator serta penggunaan media visual turut memperkuat efektivitas model ini. Dengan demikian, PjBL dapat dijadikan strategi pembelajaran alternatif yang aplikatif dan inklusif dalam pengembangan keterampilan vokasional siswa disabilitas intelektual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlina, R., & Budi, S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sabun Cuci Piring melalui Model Project Based Learning pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 33(3).

Khoeriah, D., Nuraeni, N., & Lestari, Z. W. (2019). Program Life Skills Keterampilan Kerja Bagi Penyandang Tunagrahita Ringan.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, M. (2021). Terapi Motorik Kasar Siswa Menggunakan Media Tari Autis pada Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi Indonesia (JIPSI), 1(1).

Putri, A. R. M., & Murtadlo, M. (2025). Learning Bermedia Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Tata Boga bagi Siswa Disabilitas Intelektual. Jurnal Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Surabaya.

Rachman, A., & Tenri Awaru, A. O. (2022). Interaksi Sosial dan Pola Komunikasi Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar). Universitas Negeri Makassar.

Saputra, F. D., & Satrisno, H. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Terapan.

Sudarminto, P. (2022). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Bermedia Adobe Spark di Kelas VIII C SMPLB Negeri Malang. Google Books.

Sundari, Y. I., & Syamsiyah, B. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Salat dan Peningkatan Kemandirian pada Siswa Tunagrahita Tingkat SMP di SLB Negeri Salatiga. Jurnal Special Education Leadership, 1(2).

Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Peran Guru dalam Aplikatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Luar Biasa. Jurnal Intelektual Ilmu Manajemen, 1(1).

Walid, M., & Nadaa, F. Q. (2024). Strategi Pembelajaran PAI Menggunakan Aplikasi Jieshuo pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Netra Kelas 7 di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Blitar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Sumarsono, E. ., Kismawiyati, R., & Sugihartik. (2025). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menjahit Bagi Siswa Disabilitas Intelektual di SLB Negeri Patrang Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2429