Intervensi Dini Berbasis Visual Schedule untuk Melatih Kemandirian Anak dengan Disabilitas Intelektual Ringan
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2420Keywords:
Intervensi dini, visual schedule, kemandirian anak disabilitas intelektual ringanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program intervensi dini berbasis visual schedule untuk melatih kemandirian anak dengan disabilitas intelektual ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan satu subjek anak usia enam tahun. Intervensi dilakukan di rumah selama enam minggu, dengan fokus pada keterampilan kemandirian anak melalui kegiatan mencuci tangan, menggosok gigi, dan memakai baju. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visual schedule membantu anak memahami urutan kegiatan, meningkatkan keinginan mereka untuk berpartisipasi, dan secara bertahap membantu mereka menjadi lebih mandiri. Keberhasilan didukung oleh konsistensi pelaksanaan dan dukungan orang tua. Untuk anak dengan disabilitas intelektual ringan, visual schedule terbukti bermanfaat sebagai alat intervensi dini yang murah, fleksibel, dan mudah digunakan di rumah.
Downloads
References
Ichwan, M., & Pradana, H. (2022). Rehabilitasi Berbasis Keluarga dalam Pendidikan Anak Disabilitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri, 6(1), 112–120.
Khasanah, U. (2024). Desain Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus Nusantara, 5(1), 10–21.
Kwintasari, D., & Pangestuti, I. (2023). Program Pelatihan Bina Diri untuk Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 6(2), 22–30.
Laililyah, F., Rusli, R., & Safitri, J. (2023). Efektivitas Teknik Forward Chaining untuk Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Jurnal Psikogenesis, 11(1), 65–74.
Lestari, S. (2019). Intervensi Dini dalam Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufidah, Q. A., Asmati, N., & Utami, Y. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Video Modeling terhadap Peningkatan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendas, 9(3), 211–220.
Poerwanto, R. A., Istiani, I., & Salamah, S. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Produksi Makanan bagi Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Vokasional Khusus, 3(2), 67–78.
Salsabila, A. (2024). Strategi Orang Tua dalam Membina Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Biasa dan Inklusi, 7(1), 55–63.
Satria, A. R., Dita, P., & Rasyid, R. (2023). Model Pembelajaran Bina Diri Berbasis My Home Environment untuk Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Satryawan, M., & Kusumiati, K. (2021). Peran Peneliti sebagai Instrumen dalam Penelitian Kualitatif: Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 9(1), 19–27.
Sukriadi, M. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Multimedia untuk Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Adaptif, 6(2), 34–45.
Wulandari, F. (2021). Pelatihan Guru dalam Menyusun Program Intervensi Dini. Jurnal Profesi Pendidikan Khusus, 5(1), 59–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.