Penerapan Media Papan Arab Braille Terhadap Kemampuan Menghafal Titik Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Disabilitas Netra Kelas VI di SLB Negeri Branjangan Jember

Authors

  • Novita Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dedy Ariyanto Unversitas PGRI Argopuro Jember
  • Sugihartatik Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2364

Keywords:

Al-Qur’an, Hijaiyah Braille, Disabilitas Netra

Abstract

Semua siswa berhak mendapatkan pendidikan termasuk siswa  yang mengalami hambatan dalam penglihatan (disabilitas netra), dengan adanya hambatan penglihatan tersebut maka, perlu adanya pelayanan khusus, terutama dalam pendidikan Agama Islam yang berlandaskan nilai-nilai luhur Alqur’an demi mencapai Ridho Allah dan mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di Akherat, Dalam mempelajari pendidikan agama Islam salah satu prosesnya adalah dengan  membaca Alqur’an yang diawali dengan mengenalkan huruf hijaiyah melalui buku Iqro’. Namun buku Iqro’ tidak dapat dipergunakan oleh penyandang disabilitas netra, maka dari itu diperlukan media khusus yang dapat diraba. Seperti huruf Braille yang menggunakan media Papan Arab Braille atau Pantulle. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mempermudah dan meningkatkan minat siswa dalam mengenal serta menghafal titik huruf Hijaiyah Braille. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian  kualitatif deskriptif yang meliputi wawancara mendalam, observasi, pengumpulan data dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa disabilitas netra Di SLB Negeri Branjangan Jember menjadi lebih mudah dalam mengenali dan menghafal titik Huruf Hijaiyah Braille. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi SLB lain dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif lagi bagi siswanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Afrilliany, A. (2025). Pengembangan Media Smart Little Board (Hijmalib) Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5–6 Tahun. Aulad: Journal On Early Childhood, 8(1), 170–188.

Arif, M., Kalimatusyaroh, M., & Setyawati, N. R. (2021). Optimalisasi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Huruf Braille Pada Siswa Tunanetra. Vox Edukasi, 12(1), 547–879.

Bahri, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Buku Iqra Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5–6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Boronguntia. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(9).

Bahri, S. (2022). Upaya Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(2).

Desa, M. V., Wahyuni, S., Yulius, M. I., & Liburseran, S. R. (2024). Metode Kiri Dalam Pengajaran Membaca Dan Menulis Huruf Braille Bagi Anak Tunanetra. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 465–476.

Handoyo, R. R. (2022). Analisis Teori Belajar Dalam Metode Pembelajaran Membaca Braille Pada Anak Tunanetra. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 60–70.

Harlina, H. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Peserta Didik Dengan Kebutuhan Khusus: Meningkatkan Akses Dan Kualitas Pendidikan. Ad-Dirasatul Islamiyyah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–21.

Hidayati, N., & Rafikayati, A. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Dan Games Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Autis Dan Tunanetra. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1 Des), 1073–1082.

Latifah, D., Sulistia, D., Sajiwo, B., & Lestari Br Ginting, A. (2023). Penerapan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Memahami Tujuan Dan Fungsi Al-Qur’an. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 30–39.

Magfiroh, N. H., Hanifah, N., & Nahdah, P. A. (2024). Analisis Perbedaan Strategi Penanganan Anak Tunanetra. Journal of Education Research, 5(3), 4178–4185.

Maharany, G. T. (2022). Pengembangan Desain Puzzle Interaktif Sebagai Media Permainan Inklusif Edukatif Untuk Low Vision usia 7–10 tahun. Askara: Jurnal Seni dan Desain, 1(1), 55–63.

Mahfud, A., & Al Ghazal, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengas Dengklok Karawang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 109–114.

Nasti, E. D. R., et al. (2025). Mengenal Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Inklusi. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 3(3), 1–12.

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, Dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427.

Nurbayinah, D., Asilestari, P., & Ayu, C. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Dengan Berbantuan Buku Iqro’. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(4), 652–657.

Ramli, N. (2023). Upaya Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 85–96.

Safitri, M., & Maulidya, A. (2024). Nuzul Al-Qur’an Dalam Tujuh Huruf. Jurnal Studi Ilmu Alquran dan Tafsir, 1(1).

Sari, W. S. M., Warnandi, N., Heryati, E., & Susetyo, B. (2024). Media Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Al-Qur’an Pada Siswa Tunanetra. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6253–6259.

Setyawati, N. R. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Dan Menulis Braille Pada Siswa Tunanetra. RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 149–180.

Siregar, H. D., & Hasibuan, Z. E. (2024). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 125–136.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Novita, N., Ariyanto, D. ., & Sugihartatik, S. (2025). Penerapan Media Papan Arab Braille Terhadap Kemampuan Menghafal Titik Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Disabilitas Netra Kelas VI di SLB Negeri Branjangan Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 9(1), 13–22. https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2364