Penerapan Metode Kitabah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah pada Remaja Distabilitas Rungu di SLB Tunarungu Santi Rama Jakarta

Authors

  • Rizky Pratama Putri Setyoadi Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Agropuro Jember
  • Partiwi Ngayunigtyas Adi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dedy Ariyanto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2356

Keywords:

Metode kitabah, huruh hijaiyah, disabilitas rungu

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan metode Kitabah pada pelaksanaan pembelajaran menulis huruf hijaiyah sambung pada peserta didik remaja disabilitas rungu. Metode pembelajaran ini merupakan metode menulis dengan menampilkan sketsa contoh-contoh penulisan huruf hijaiyah secara bertahap, dari tingkat mudah ke lebih sulit dengan memperhatikan kaidah penulisan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penulis mengumpulkan data-data di lapangan mengenai bagaimana seorang guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran dengan metode kitabah dan pelaksanaan evaluasi, kendala yang dihadapi dan penanganannya, serta menentukan tingkat keberhasilan pencapaian pembelajaran dari masing-masing peserta didik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi deskriptif mengenai penerapan metode kitabah pada pembelajaran menulis huruf hijaiyah sambung bagi peserta didik disabilitas rungu. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dapat mencapai kemampuan menulis huruf hijaiyah melalui penerapan metode kitabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsin, W. Al. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.

Aminah, S. (2015). Kesulitan belajar membaca Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SLB-B YRTRW Gamping Sleman Yogyakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Anwar, I.Ch. (2021). Mengenal Huruf Hijaiah Secara Terpisah dan Tersambung. (Online). Tersedia: https://tirto.id/mengenal-huruf-hijaiyah-secara-terpisah-dan-tersambung-gj7V (2 November 2024)

Aprilia, I.D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu; Pembelajaran Pada Anak Tunarungu. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung.

Aprilia, I.D. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter; Pembelajaran Pada Anak Tunarungu. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung.

Asaadel, M.Z. (2024). Mengenal Huruf Hijaiah: Pengertian, Penulisan, dan Contohnya.(Online).Tersedia:https://www.jawapos.com/humaniora/015008608/mengenal-huruf-hijaiyah-pengertian-penulisan-dan-contohnya (1 November 2024)

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2018). KBBI Edisi VI Versi Daring Resmi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bunawan, L. dan Yuwati, C.S. (2018). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama.

Gunawan, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu; Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung.

Gunawan, D. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter; Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung.

Harbani, R. (2021). 30 Huruf Hijaiah dan Tanda Bacanya, Dasar Membaca Al-Qur’an. (Online). Tersedia: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5824461/30-huruf-hijaiyah-dan-tanda-bacanya-dasar-membaca-al-quran (1 November 2024)

Harbani, Rahma. (2021). 6 Huruf Hijaiah yang Tidak Dapat Disambung Dengan Huruf Sesudahnya.(Online). Tersedia: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5642415/6-huruf-hijaiyah-yang-tidak-dapat-disambung-dengan-huruf-sesudahnya#:~:text=Semua%20huruf%20hijaiyah%20adalah%20konsonan,memerlukan%20tanda%20vokal%20(sakkal) (2 November 2024)

Hariyoto, dan Saerozi, S. (2021). Mahir Menulis Arab. Yogyakarta: Gama Media.

Hasanah, A. (2018). Aksesibilitas pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa tunarungu di sekolah luar biasa (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ilham, M. (2013). Lancar dan Terampil Menulis Huruf Hijaiah Sambung.Yogyakarta: Idea Word Kids.

Khasanah, K. (2016). Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Skripsi tidak diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Khoiriyah, K. (2017). Pembelajaran baca Al-Qur'an bagi anak tunarungu di SLB-B Yogyakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Pamungkas, R.A. (2024). 30 Huruf Hijaiah: Lengkap dengan Cara Membaca dan Fungsinya.(Online).Tersedia:https://mediaindonesia.com/humaniora/693808/30-huruf-hijaiyah-lengkap-dengan-cara-membaca-dan-fungsinya (1 November 2024)

Sensus, A.I. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu; Pengembangan Kurikulum dan Media Adaptif Tunarungu. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung.

Solihah, E, et al. (2021). “Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam”. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Huruf Al-Quran pada Siswa di SD Umum dan Berbasis Islam (2), 36-37.

Suwandi, S. (2000). Menulis Huruf Arab dengan Metode Kitabah. (Online). Tersedia: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2273/3/73111546_bab2.pdf (1 November 2024)

Taufiq, T. Sy. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu; Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Setyoadi, R. P. P., Adi, P. N., & Ariyanto, D. (2025). Penerapan Metode Kitabah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah pada Remaja Distabilitas Rungu di SLB Tunarungu Santi Rama Jakarta. SPEED Journal : Journal of Special Education, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2356