PENERAPAN METODE KOMUNIKASI TOTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SEDERHANA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER

Authors

  • Umy Farida Ratnasari IKIP PGRI JEMBER
  • Hisbiyatul Hasanah IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

Metode komtal, Membaca sederhana, Tunarungu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca sederhana pada anak tunarungu kelas 1 di SLB B DAN AUTIS TPA Jember tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian adalah siswa tunarungu kelas 1 yang berjumlah 5 anak. Teknik pengumpulan data dengan tes yang diterapkan dalam siklus I dan siklus II. Dengan kriteria penilaian sangat baik, baik, cukup dan sangat kurang. Analisis  data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan  kondisi awal , nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II.Hasil penelitian menunjukan dari kondisi awal mencapai rata – rata 5,8 bila di prosentase yang berhasil 50%. Dari kondisi awal ke siklus I rata-rata meningkat menjadi 6,6 bila diprosentase yang berhasil 60%. dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 7,3 Bila diprosentase yang berhasil 80%. Bila dilihat secara keseluruhan dari kondisi awal sampai siklus II mengalami peningkatan keberhasilan kelas mencapai 40 % yaitu meningkat dari 50% menjadi 80% . dengan demikian hasil tindakan nilai rata-rata siklus II Dengan Metode Komunikasi Total Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Sederhana Pada Anak Tunarungu Kelas 1 DI SLB B DAN AUTIS TPA Jember tahun pelajaran 2014/2015

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-27

How to Cite

Ratnasari, U. F., & Hasanah, H. (2018). PENERAPAN METODE KOMUNIKASI TOTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SEDERHANA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(2), 25–29. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/23