PENERAPAN METODE KOMUNIKASI TOTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SEDERHANA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v1i2.23Keywords:
Metode komtal, Membaca sederhana, TunarunguAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca sederhana pada anak tunarungu kelas 1 di SLB B DAN AUTIS TPA Jember tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian adalah siswa tunarungu kelas 1 yang berjumlah 5 anak. Teknik pengumpulan data dengan tes yang diterapkan dalam siklus I dan siklus II. Dengan kriteria penilaian sangat baik, baik, cukup dan sangat kurang. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi awal , nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II.Hasil penelitian menunjukan dari kondisi awal mencapai rata – rata 5,8 bila di prosentase yang berhasil 50%. Dari kondisi awal ke siklus I rata-rata meningkat menjadi 6,6 bila diprosentase yang berhasil 60%. dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 7,3 Bila diprosentase yang berhasil 80%. Bila dilihat secara keseluruhan dari kondisi awal sampai siklus II mengalami peningkatan keberhasilan kelas mencapai 40 % yaitu meningkat dari 50% menjadi 80% . dengan demikian hasil tindakan nilai rata-rata siklus II Dengan Metode Komunikasi Total Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Sederhana Pada Anak Tunarungu Kelas 1 DI SLB B DAN AUTIS TPA Jember tahun pelajaran 2014/2015
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.