Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Kelas III dan IV di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2204Keywords:
anak kesulitan belajar, diseleksia, disgrafiaAbstract
Kesulitan belajar merupakan kekurangan yang tidak nampak secara lahiriah. Ketidak mampuan dalam belajar tidak dapat dikenali dalam wujud fisik. Kesulitan belajar tidak selalu disebabkan karena faktor intelligensi yang rendah, akan tetapi dapat juga disebabkan karena faktor lain di luar intelligensi. Ada berbagai jenis kesulitan belajar seperti, disleksia, diskalkulia dan disgrafia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui anak dengan permasalahan kesulitan belajar di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada 48 orang siswa di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang yang dimana kelas 3 sebanyak 30 dan kelas 4 sebanyak 18 orang, didapatkan hasil yaitu kelas 3 memiliki 2 orang anak yang mengalami kesulitan belajar. Keduanya kesulitan belajar dalam membaca (disleksia) dan menulis (disgrafia). Siswa kelas 4, terdapat 2 orang yang mengalami kesulitan belajar menulis. Akibatnya Siswa dengan disleksia sering mendapatkan nilai rendah dan menghindari kegiatan membaca. sehingga kesulitan juga terhadap pelajaran matematika bentuk soal cerita. Selain itu siswa juga memiliki tulisan yang kurang rapi dan ada beberapa penghilangan huruf saat menulis kalimat. penelitian ini semoga bermanfaat bagi guru dan orang tua sebagai bahan pevaluasi untuk Tindakan lanjut dilakukan kepada anak.
Downloads
References
Atmaja, Jati Rinakri. (2019). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Magdalena. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Tematik Kelas 3 di SD Negeri Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4, No.2, September 2020.
Mirnawati. (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Depublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)
Nunung, dkk. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa Kelas III SD N Gugus 04 Pujut. Renjana Pendidikan Dasar.Volume 1. No 4., November 2021.
Siregar. dkk. 2020. “Student’s learning disability of elementary school in tangerang: identification students learning disabilities, factor and Teacher’s effort”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol.5, No.2, juni 2020.
Somantri, T. Sutjihati. (2014). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiastuti, N.L.G.K. (2020). Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku. Jurnal of Education Research and Review, 3(2), 1-11. DOI:https://doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18779
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.