Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Kelas III dan IV di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang

Authors

  • Elda Despalantri Pendidikan Khusus, Fakultas Sosial dan Bisnis, Universitas Mercubaktijaya
  • Anggawati Imanniyah Pendidikan Khusus, Fakultas Sosial dan Bisnis, Universitas Mercubaktijaya
  • Ulfy Marsyah Pendidikan Khusus, Fakultas Sosial dan Bisnis, Universitas Mercubaktijaya
  • Annisa Pendidikan Khusus, Fakultas Sosial dan Bisnis, Universitas Mercubaktijaya

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2204

Keywords:

anak kesulitan belajar, diseleksia, disgrafia

Abstract

Kesulitan belajar merupakan kekurangan yang tidak nampak secara lahiriah. Ketidak mampuan dalam belajar tidak dapat dikenali dalam wujud fisik. Kesulitan belajar  tidak selalu disebabkan karena faktor intelligensi yang rendah, akan tetapi dapat juga disebabkan karena faktor lain di luar intelligensi. Ada berbagai jenis kesulitan belajar seperti, disleksia, diskalkulia dan disgrafia. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui anak dengan permasalahan kesulitan belajar di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang.  Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada 48 orang siswa  di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang yang dimana kelas 3 sebanyak 30 dan kelas 4 sebanyak 18 orang, didapatkan hasil yaitu kelas 3  memiliki 2 orang anak yang mengalami kesulitan  belajar. Keduanya kesulitan belajar dalam membaca (disleksia) dan menulis (disgrafia).  Siswa kelas 4, terdapat 2 orang yang mengalami kesulitan belajar menulis. Akibatnya Siswa dengan disleksia sering mendapatkan nilai rendah dan  menghindari kegiatan membaca. sehingga kesulitan juga terhadap pelajaran matematika bentuk soal cerita. Selain itu siswa juga memiliki tulisan yang kurang rapi dan ada beberapa penghilangan huruf saat menulis kalimat. penelitian ini semoga bermanfaat bagi guru dan orang tua sebagai bahan pevaluasi untuk Tindakan lanjut dilakukan kepada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, Jati Rinakri. (2019). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Magdalena. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Tematik Kelas 3 di SD Negeri Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4, No.2, September 2020.

Mirnawati. (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Depublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)

Nunung, dkk. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa Kelas III SD N Gugus 04 Pujut. Renjana Pendidikan Dasar.Volume 1. No 4., November 2021.

Siregar. dkk. 2020. “Student’s learning disability of elementary school in tangerang: identification students learning disabilities, factor and Teacher’s effort”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol.5, No.2, juni 2020.

Somantri, T. Sutjihati. (2014). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widiastuti, N.L.G.K. (2020). Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku. Jurnal of Education Research and Review, 3(2), 1-11. DOI:https://doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18779

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Despalantri, E. ., Imanniyah, A. ., Marsyah, U. ., & Annisa, A. (2025). Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Kelas III dan IV di SD Negeri 07 Gurun Laweh Kota Padang . SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(2), 95–98. https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2204