Pengaruh Video Tutorial Pembuatan Aksesoris Manik- Manik Terhadap Kemampuan Vokasional Bagi Anak Disabilitas Rungu Ringan
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2201Keywords:
Disabilitas rungu, Kemampuan vokasional, Video tutorialAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh video tutorial pembuatan aksesoris manik-manik terhadapa kemampuan vokasional anak disabilitas rungu ringan. Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh video tutorial pembuatan aksesoris manik-manik terhadap kemampuan keterampilan vokasional anak disabilitas rungu ringan dalam membuat aksesoris. Tujuan untuk mengetahui kemampuan vokasional dalam membuat aksesoris manik-manik anak disabilitas rungu. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test. desain one group pretest-post-test. Sampel dengan penelitian ini adalah 2 siswa disabilitas rungu ringan dan 2 siswi disabilitas rungu ringan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua siswa mengalami peningkatan setelah di berikan treatment menggunakan video tutorial.
Downloads
References
Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, K., Ardisal, A., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan, 32(1), 153-158
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Aulia, C. R., & Marlina, M. (2019). Efektifitas Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Snack Bouquet pada Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 1045-1051.
Ayuningtyas. 2011. Ngedit Video Step by Step Menjadi Editing Profesional. Jakarta: Niaga Swadaya.
Binanto. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembanganya. Yogyakarta: Andi.
Depdiknas. (2007). Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif tentang Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Pendidik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
Elvida, R., & Ardisal, A. (2018). Efektivitas Media Video Tutorial terhadap Keterampilan Membuat Lip Balm bagi Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 172- 177.
Fitri, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teaching Factory Terhadap Peningkatan Keterampilan Membuat Aksesoris Manik–Manik Pada Anak Dengan Hambatan Kecerdasan Ringan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Irvan, M. (2020). Urgensi identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus usia dini. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 108-112.
Iswari, Mega. (2007). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdikbud.
Kurnia, M. (2020). Efektifitas media video tutorial untuk meningkatkan kemampuan membuat keripik pisang bagi siswa tunagrahita ringan. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(1).
Martono. (2008). Keterampilan Proses. Solo: PT Tiga Serangkai. Mohammad Takdir Ilahi. (2013). Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Rachmawati, E., Sulistyani, T., & Mufidah, L. (2023). Efektivitas Vidio Pembelajaran Tutorial Boga Dasar Pada Mahasiswa Dengan
Hambatan Pendengaran. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1).
Pradnyanita, A. S. I., & Hanindharputri, M. A. (2020). Perancangan Video Tutorial Interpreter untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu) di Sekolah Tinggi Desain Bali. Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial, 1(2), 147-156.
Putri, L. Y. (2019). Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asin Bagi Anak Tunarungu (Pre-Experimental Design di SLB YPPC Painan) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Rahyubi, Heri (2012). Teori-Teori dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media.
R. Soeroso, 2013. Pengantar Ilmu Hukum. Sinar Grafika, Jakarta, hlm. 297.
Sardjono.1997. Orthopaedagogiek Tuna Rungu I (Seri Pendidikan bagi Anak Tuna Rungu). UNS Press.
Sudira, P. (2012). Filosofi Dan Teori Pendidikan Vokasi Dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan Ke VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Winarsih, M. (2010). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(13), 34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.