Analisis Metode Pembelajaran Tilawatil Qur’an Pada Peserta Didik Disabilitas Netra di SLB Bhakti Wanita Lumajang

Authors

  • M. Yassir Arafat Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Arifah Nurhadiyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2159

Keywords:

Metode Pembelajaran, Tilawatil Qur’an, Peserta Didik Disabilitas Netra.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail terkait metode pembelajaran Tilawah Al-Qur’an yang diambil dari interpretasi Peserta Didik, serta mengetahui jenis metode pembelajaran yang lebih dipilih Peserta Didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Pendekatan Kualitatif- Interpretative. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap Peserta Didik memiliki teknik dan metode belajar Tilawah yang berbeda untuk digunakan. Pada prakteknya, ada tahapan-tahapan yang diimplementasikan oleh pembina dalam belajar Tilawah yang disesuaikan dengan kemampuan setiap peserta didik. Selain sejumlah tantangan dan kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam belajar Tilawah, peneliti juga menemukan adanya kendala, yakni minimya tenaga pengajar yang berkualitas atau berkompetensi di bidang Tilawah, serta minimya dukungan keluarga terhadap kegiatan Tilawah jika dilaksanakan di luar jam sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. (2016). Meteode penelitian: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dan berbagai disiplin Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ariani, N. P. (2022). Dampak Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Terhadap Kualitas Pemahaman Bidang Al-Qur’an Santri Insan Qur’ani (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, Z. PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI ALUNA JAKARTA (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, B. (2017). Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosains. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 2, pp. 59-70).Benny Kurniawan, Metodologi Penelitian (Tanggerang: Jelajah Nusa, 2012), hlm. 20

Intan Hidayati, N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Perumahan Impian Perdana Kandang Mas Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Kasiram, Moh. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UIN-Maliki Press.

Martias, A. A. (2020). Pengaruh Musabaqah Tilawatil Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Living Qur’an di Kota Pekanbaru-Riau).

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), h. 60.

Subagyo, Joko. (2004). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Syarifudin, Ahmad. (2008). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gama Insani.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Arafat, M. Y. ., Mais, A. ., & Nurhadiyati, A. . (2025). Analisis Metode Pembelajaran Tilawatil Qur’an Pada Peserta Didik Disabilitas Netra di SLB Bhakti Wanita Lumajang. SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(2), 80–94. https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2159