Permasalahan Asesmen di Sekolah Inklusi: Studi Kualitatif Mengenai Keterbatasan dan Solusinya
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2133Keywords:
Asesmen, sekolah inklusi, peserta didik disabilitas, pendidikan inklusif, solusi asesmenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan permasalahan asesmen di sekolah inklusi dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemerolehan data melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen dari guru kelas, guru pendamping kelas, kepala sekolah dan orang tua siswa di beberapa sekolah inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaan asesmen di sekolah inklusi, antara lain: tugas guru terkait administrasi yang berat, pemahaman guru terhadap asesmen diferensiasi yang masih kurang, terbatasnya dukungan fasilitas dan sumber daya, serta kerjasama yang kurang efektif antara guru kelas dan GPK. Peningkatan fasilitas dan teknologi asistif, pelatihan berkelanjutan bagi guru, penguatan kolaborasi antara guru kelas dan guru pendamping kelas dan kebijakan asesmen yang lebih fleksibel dan inklusif merupakan beberapa solusi yang disarankan pada penelitian ini. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa salah satu masalah pokok yang terjadi pada proses asemen di sekolah inklusi adalah tugas guru terkait administrasi yang besar, terbatasnya pengetahuan guru mengenai asesmen inklusif, minimnya sumber daya dan fasilitas serta kerjasama yang terbatas antara guru kelas dan guru pendamping kelas (GPK).
Downloads
References
Ainscow, M., Booth, T., & Dyson, A. (2006). Improving Schools, Developing Inclusion. London: Routledge.
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Florian, L. (2008). Special or inclusive education: Future trends. British Journal of Special Education, 35(4), 202–208. https://doi.org/10.1111/j.1467-8578.2008.00402.x
Loreman, T., Deppeler, J., & Harvey, D. (2010). Inclusive Education: Supporting Diversity in the Classroom (2nd ed.). New York: Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Mitchell, D. (2014). What Really Works in Special and Inclusive Education: Using Evidence-Based Teaching Strategies (2nd ed.). London: Routledge.
Smith, T. E. C., Polloway, E. A., Patton, J. R., & Dowdy, C. A. (2015). Teaching Students with Special Needs in Inclusive Settings (7th ed.). Boston: Pearson Education.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UNESCO. (2005). Guidelines for Inclusion: Ensuring Access to Education for All. Paris: UNESCO.
Wiramihardja, R. (2017). Implementasi pendidikan inklusi di Indonesia: Tantangan dan strategi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 145–156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.