Pengaruh Metode Auditory Verbal Therapy Terhadap Peningkatan Kemampuan Pragmatik Pada Anak Hearing Impairment
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2128Keywords:
Auditory verbal therapy, bahasa, kemampuan pragmatik, hearing impairmentAbstract
Bahasa adalah suatu hal terpenting dalam kehidupan manusia, kita tidak bisa hidup dengan baik tanpa adanya bahasa. Perkembangan pemerolehan bahasa anak hearing impairment menjadi suatu hal yang penting apabila diamati kemampuan pragmatik dalam berbahasa. Anak yang mengalami gangguan pendengaran akan kesulitan berkomunikasi mereka tidak dapat mendengar apa yang dikatakan pembicara sehingga tidak dapat memberi tanggapan yang tepat. Salah satu metode intervensi untuk anak gangguan pendengaran adalah Audiotory Verbal Therapy (AVT) guna membantu mengatasi keterlambatan berbahasa lisan mereka. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Auditory Verbal Theraphy (AVT) terhadap kemampuan pragmatik pada anak hearing impairment. Metode: Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan experimental. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 anak gangguan pendengaran yang memakai alat bantu dengar di SLB-B YRTRW Surakarta menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik Wilcoxon. Hasil Skripsi: Hasil analisis menunjukan terdapat pengaruh intervensi AVT terhadap kemampuan pragmatik terhadap anak hearing impairment dengan hasil uji statistik Wilcoxon yaitu P value adalah 0,000 atau nilai P (P<0,05).
Downloads
References
Adi, P. N. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Dalam Menerapkan Audiotory Verbal Therapy (AVT) Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Inklusi PAUD Situbondo. SPEED Journal?: Journal of Special Education, 4(1), 37–42. https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.324
Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy ( AVT ) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal Ortopedagogia, 6, 39–42.
Budhi Astuti, E., & Dewi Syah Fitri, A. (2023). Hubungan Pola Interaksi Keluarga dan Perkembangan Kemampuan Pragmatik Anak Prasekolah di TKIT Insan Kamil Karanganyar. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(1), 495–503. https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i1.78
Hasriyati, N. (2020). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Di Paud Mutiara Hati Senen Jakarta Pusat (Studi Kasus di Paud Mutiara Hati Kecamatan Senen Jakarta Pusat). Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran Jakarta.
Khomsiatun, S., Widiastuti, M., & M, S. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well being pada remaja tunarungu di Jakarta. JCA Psikologi, 2(1), 28–35. https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Undergraduate-201571042/20616
Mawardah, M., & Kusumawardany, A. (2023). Terapi Wicara dan Auditori Verbal Terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Tunarungu. Jurnal Abdimas, 2(3), 17–28.
Mendri, K., & Badi’ah, A. (2018). Pengaruh Auditory Visual Therapy (Avt) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Gangguan Pendengaran Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Slb Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2(1), 18–31. https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i1.96
Mullyana, D., & Wijiastuti, A. (2019). Kemampuan Pragmatik dalam Interaksi Sosial Anak Tunarungu Melalui Penggunaan Metode Komunikasi Total. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 22–25. http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/541
Novalina. (2021). Pemerolehan Bahasa Penderita Tuna Rungu Dan Tuna Wicara (Kajian Pragmatik Pada Kosakata Dan Fonetis ). LANGUAGE?: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 92–99. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.455
Nurfidadewi, N. N. (2022). Hubungan Antara Intensitas Menonton YouTube Dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah Di TK Sri Juwita Hanum Surakarta.
Ocktarani, Y. M. (2017). Kemampuan Reseptif Anak Usia Tiga Tahun Terhadap Tindak Tutur Direktif. Lingua, XIII(2), 182–192.
Prasetya, A., Soeherman, R. B., & ... (2021). Gambaran Gangguan Pendengaran pada Karyawan PT. X. Prosiding Pendidikan …, 378–381. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/26640
Purnamasari, R., & Ghazali, M. (2019). Analisa Kemampuan Pragmatik Anak Usia Dini Di Kabupaten Bima. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun, 211–218. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/semnastsb2019/index
Putri, S. A., & Purbaningrum, E. (2020). Studi Deskriptif?: Implementasi Auditory Verbal Therapy Terhadap Keterampilan Berbahasa Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1), 1–8.
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Roro Zahro, S. (2023). Menganalisis Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Pada Video Channel Youtube Detik.Com Yang Berjudul Impersonation Game With Iqbaal Ramadhan. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i1.169
Sari, A. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.44
Susana, E. N., Kedokteran, F., Batam, U., & Nurjanah, I. (2024). Hubungan Kebiasaan Mengorek Telinga Dengan Kejadian Otomikosis Pada Pasien di Poliklinik THT Rumah Sakit Budi Kemuliaan Kota Batam Menurut data World Health Organization ( WHO ) tahun 2018 menunjukkan bahwa sekitar 466 juta atau 6 , 1 persen orang dari se. 1(2).
Ulwiyah, I., & Nurhadiyati, A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Penerimaan Bahasa Reseptif Anak Tunarungu. Journal on Education, 6(2), 10899–10908. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4881
Wahyuni, D. R. F. (2024). Pendengaran Metode AVT (Auditory Verbal Therapy) Untuk Mengembangkan Kemampuan Bicara Dan Bahasa Anak Gangguan Pendengaran Di Yayasan AURICA Surabaya. Journal of Special Education Need, 4(1), 4(Vol. 4 No. 1 (2024): Grab Kids Journal), 6–11.
Yufi Fisalma, Yudith Nida Nura Lele, S. W. (2024). Jejak Pembelajaran?: Jurnal Pengembangan Pendidikan. Pengembangan Pendidikan, 8(1), 120–130. https://jurnalhost.com/index.php/jpp/article/view/570/722
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.