PROFIL KEMAMPUAN PRAGMATIK ANAK USIA PRASEKOLAH MENGGUNAKAN ASSESMENT OF PRAGMATIC SKILL DI SURAKARTA

Authors

  • Leonaldo Dwi Septiawan
  • Kiyat Sudrajad Program Studi Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Surakarta
  • Alfiani Vivi Sutanto Program Studi Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2123

Keywords:

Pragmatik, Usia Prasekolah, Assesment of Pragmatic Skill

Abstract

Pragmatik merupakan suatu kemampuan anak berupa memberikan respon saat bersosialisasi dan menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan kemampuan pragmatik berperan penting dalam proses komunikasi yang berhubungan dengan aspek linguistik. Penelitian mengenai kemampuan bahasa pragmatik di Indonesia masih jarang ditemukan sehingga penulis tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pragmatik pada anak usia prasekolah di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode cross sectional dengan pendekatan korelatif untuk menganalisis hubungan yang bersifat sebab-akibat menggunakan uji hipotesis kendall tau. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 anak dengan menggunakan teknik pengumpulan data random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar norma kemampuan pragmatik anak dapat dibagi menjadi kategori kurang X < 12, kategori cukup 13 ? X < 18, kategori baik X > 18. Adanya hubungan penggunaan bahasa dengan kemampuan pragmatik yang menyatakan hasil nilai p = 0.001 (?0.05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hasil lain juga ditemukan bahwa adanya hubungan pendidikan orang tua dengan kemampuan pragmatik anak yang menyatakan hasil nilai p = 0.012 (<0.05), sehingga hipotesis alternatif diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, F. (2019). Perkembangan Pragmatik Dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.15

Almaghfiroh, Z. A., Ayu, G. F., Maulana, A. A., Elbarkah, A. A., & Sulaiman, H. M. S. (2024). Implementasi Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak Melalui Pendidikan Orang Tua yang Berkualitas. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13158–13180.

Astuti, fitri. (2023). Hubungan Pola Interaksi Keluarga dan Perkembangan Kemampuan Pragmatik Anak Prasekolah di TKIT Insan Kamil Karanganyar. 2, 495–503.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini di wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 47. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104

Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 200–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217

Bilqis Tatsna Z. S, A., Purnaningrum, W. D., & Kliwon. (2023). Hubungan Komunikasi Verbal dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah di TKIT Harapan Ummat Ngawi. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(2), 215–227. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i2.42

Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.

Kami, K. (2017). Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2), 145–150. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.29

Listiani, E., & Ramdhani, I. S. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditnjau dari Aspek Pragmatik. Al-DYAS, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i1.829

Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua pada Pola Komunikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1302–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3897

Pratomo, H. T. A., Siswanto, A., & Purnaningrum, W. D. (2018). Skrining Kemampuan Bahasa Anak Pra Sekolah?: A Pilot Project. Jurnal Keterapian Fisik, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.37341/jkf.v3i1.105

Rohmahwanti, I. N., Muryanti, & Susanto, A. V. (2023). Faktor-faktor yang Berhubunungan dengan Kemampuan Pragmatik Anak Autis di Surakarta.

Shipley, K. G., & McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in Speech-Language Pathology, A Resource Manual Sixth Edition.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Suciati. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Sumarlam., Sri, P., Susanti, R. (2019). Pemahaman dan Kajian Pragmatik. Surakarta: Bukukata

Thavany, S. P., Afivah, I., Rachman, & Fauzi, I. (2024). Pengaruh Kemampuan Bilingualisme Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Journal of Molecular Structure, 1323. https://doi.org/10.1016/j.molstruc.2024.140774

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Septiawan, L. D. ., Sudrajad, K. ., & Sutanto, A. V. . (2025). PROFIL KEMAMPUAN PRAGMATIK ANAK USIA PRASEKOLAH MENGGUNAKAN ASSESMENT OF PRAGMATIC SKILL DI SURAKARTA . SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(2), 40–48. https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2123