PROFIL KEMAMPUAN PRAGMATIK ANAK USIA PRASEKOLAH MENGGUNAKAN ASSESMENT OF PRAGMATIC SKILL DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2123Keywords:
Pragmatik, Usia Prasekolah, Assesment of Pragmatic SkillAbstract
Pragmatik merupakan suatu kemampuan anak berupa memberikan respon saat bersosialisasi dan menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan kemampuan pragmatik berperan penting dalam proses komunikasi yang berhubungan dengan aspek linguistik. Penelitian mengenai kemampuan bahasa pragmatik di Indonesia masih jarang ditemukan sehingga penulis tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pragmatik pada anak usia prasekolah di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode cross sectional dengan pendekatan korelatif untuk menganalisis hubungan yang bersifat sebab-akibat menggunakan uji hipotesis kendall tau. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 anak dengan menggunakan teknik pengumpulan data random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar norma kemampuan pragmatik anak dapat dibagi menjadi kategori kurang X < 12, kategori cukup 13 ? X < 18, kategori baik X > 18. Adanya hubungan penggunaan bahasa dengan kemampuan pragmatik yang menyatakan hasil nilai p = 0.001 (?0.05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hasil lain juga ditemukan bahwa adanya hubungan pendidikan orang tua dengan kemampuan pragmatik anak yang menyatakan hasil nilai p = 0.012 (<0.05), sehingga hipotesis alternatif diterima.
Downloads
References
Akhyar, F. (2019). Perkembangan Pragmatik Dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.15
Almaghfiroh, Z. A., Ayu, G. F., Maulana, A. A., Elbarkah, A. A., & Sulaiman, H. M. S. (2024). Implementasi Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak Melalui Pendidikan Orang Tua yang Berkualitas. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13158–13180.
Astuti, fitri. (2023). Hubungan Pola Interaksi Keluarga dan Perkembangan Kemampuan Pragmatik Anak Prasekolah di TKIT Insan Kamil Karanganyar. 2, 495–503.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini di wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 47. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104
Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 200–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217
Bilqis Tatsna Z. S, A., Purnaningrum, W. D., & Kliwon. (2023). Hubungan Komunikasi Verbal dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah di TKIT Harapan Ummat Ngawi. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(2), 215–227. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i2.42
Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.
Kami, K. (2017). Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2), 145–150. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.29
Listiani, E., & Ramdhani, I. S. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditnjau dari Aspek Pragmatik. Al-DYAS, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i1.829
Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua pada Pola Komunikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1302–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3897
Pratomo, H. T. A., Siswanto, A., & Purnaningrum, W. D. (2018). Skrining Kemampuan Bahasa Anak Pra Sekolah?: A Pilot Project. Jurnal Keterapian Fisik, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.37341/jkf.v3i1.105
Rohmahwanti, I. N., Muryanti, & Susanto, A. V. (2023). Faktor-faktor yang Berhubunungan dengan Kemampuan Pragmatik Anak Autis di Surakarta.
Shipley, K. G., & McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in Speech-Language Pathology, A Resource Manual Sixth Edition.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Suciati. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Sumarlam., Sri, P., Susanti, R. (2019). Pemahaman dan Kajian Pragmatik. Surakarta: Bukukata
Thavany, S. P., Afivah, I., Rachman, & Fauzi, I. (2024). Pengaruh Kemampuan Bilingualisme Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Journal of Molecular Structure, 1323. https://doi.org/10.1016/j.molstruc.2024.140774
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.