Efektivitas Penggunaan Story Grammar Marker Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome di SLB di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2110Keywords:
Story Grammar Marker, Bahasa Ekspresif, Down SyndromeAbstract
Down syndrome mengalami keterlambatan dalam berbahasa bicara. Salah satu usaha dalam penanganan anak Down Syndrome yaitu terapi wicara. Intervensi yang dapat dilakukan pada terapi wicara dalam meningkatkan bahasa ekspresif salah satunya menggunakan media Story Grammar Marker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Story Grammar Marker terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak Down Syndrome di SLB Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One-Group Pre-Test and Post-Test, dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Tiap sampel akan diberikan Pre-Test menggunakan TKVE kemudian diberikan intervensi menggunakan Story Grammar Marker sebanyak 8 kali, yang kemudian akan di berikan Post-Test dan dianalisis univariat dan bivariat menggunakan uji Paired T-Test. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata - rata raw score adalah 13,67. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata - rata raw score adalah 25,83. Hasil uji Paired T-Test menunjukkan nilai p (Sig.) sebesar 0.001. Terdapat pengaruh efektivitas penggunaan Story Grammar Marker terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak Down Syndrome di SLB Sidoarjo dimana dalam penelitian ini terdapat 8 kali intervensi dan ditemukan peningkatan rata- rata raw score dari 13,67 menjadi 25,83 dengan nilai p (Sig.) sebesar 0.001. Hal ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan terhadap pemberian Story Grammar Marker ini dan dapat diartikan bahwa Ha diterima
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.