Efektivitas Penggunaan Story Grammar Marker Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome di SLB di Sidoarjo

Authors

  • Fazya Rizki Nurfadillah Program Studi Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Surakarta
  • Rizki Husadani Program Studi Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Surakarta
  • Kiyat Sudrajad Program Studi Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2110

Keywords:

Story Grammar Marker, Bahasa Ekspresif, Down Syndrome

Abstract

Down syndrome mengalami keterlambatan dalam berbahasa bicara. Salah satu usaha dalam penanganan anak Down Syndrome yaitu terapi wicara. Intervensi yang dapat dilakukan pada terapi wicara dalam meningkatkan bahasa ekspresif salah satunya menggunakan media Story Grammar Marker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Story Grammar Marker terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak Down Syndrome di SLB Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One-Group Pre-Test and Post-Test, dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Tiap sampel akan diberikan Pre-Test menggunakan TKVE kemudian diberikan intervensi menggunakan Story Grammar Marker sebanyak 8 kali, yang kemudian akan di berikan Post-Test dan dianalisis univariat dan bivariat menggunakan uji Paired T-Test. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata - rata raw score adalah 13,67. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata - rata raw score adalah 25,83. Hasil uji Paired T-Test menunjukkan nilai p (Sig.) sebesar 0.001. Terdapat pengaruh efektivitas penggunaan Story Grammar Marker terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak Down Syndrome di SLB Sidoarjo dimana dalam penelitian ini terdapat 8 kali intervensi dan ditemukan peningkatan rata- rata raw score dari 13,67 menjadi 25,83 dengan nilai p (Sig.) sebesar 0.001. Hal ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan terhadap pemberian Story Grammar Marker ini dan dapat diartikan bahwa Ha diterima

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Nurfadillah, F. R. ., Husadani, R. ., & Sudrajad, K. . (2025). Efektivitas Penggunaan Story Grammar Marker Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome di SLB di Sidoarjo. SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.31537/speed.v8i2.2110