PENGARUH TERAPI APPLIED – BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) MELALUI PENDEKATAN ANTECEDENT – BEHAVIOUR – COSEQUENCE (A – B – C) TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN SISWA DOWN SYNDROME KELAS 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v1i2.21Keywords:
Applied Behaviour Analysis (ABA), Kepatuhan, Down SyndromeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan siswa Down Syndrome kelas 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan terapi Applied – Behaviour – Analysis (ABA) melaui pendekatan Antecedent – Behaviour – Consequence (A – B – C). Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan Single Subjek Research (SSR) atau dengan kata lain menggunakan subjek tunggal, yaitu menerapkan terapi perilaku kepada anak berkebutuhan khusus untuk memodifikasi perilaku erhadap kepatuhannya agar dapat mematuhi instruksi yang diberikan dengan menggunakan bahasa reseptif. Pada saat pengumpulan data sistem pengukuran yang digunakan adalah latensi, yaitu penghitungan antara ketika subjek diberi perintah hingga respondennya, sedangkan tekhnik analisa datanya menggunakan visual dalam ondisi dan antar kondisi, yaitu pada saat fase baseline dan setelah diberikan fase intervensi. Sehingga terapi Applied – Behaviour – Analysis (ABA) atau sering dikenal dengan terapi perilaku dengan pendekatan Antecedent – Behaviour – Consequence (A-B-C) dapat meningkatkan kepatuhan siswa Down Syndrome kelas 2 SDLB ABCD PGRI Kalipuro semester genap tahun ajaran 2014/2015.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.