PENGARUH TERAPI APPLIED – BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) MELALUI PENDEKATAN ANTECEDENT – BEHAVIOUR – COSEQUENCE (A – B – C) TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN SISWA DOWN SYNDROME KELAS 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO

Authors

  • Dio Gitarama Subrata IKIP PGRI JEMBER
  • Asrorul Mais IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

Applied Behaviour Analysis (ABA), Kepatuhan, Down Syndrome

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan siswa Down Syndrome kelas 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan terapi Applied – Behaviour – Analysis (ABA) melaui pendekatan Antecedent – Behaviour – Consequence (A – B – C). Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan Single Subjek Research (SSR) atau dengan kata lain menggunakan subjek tunggal, yaitu menerapkan terapi perilaku kepada anak berkebutuhan khusus untuk memodifikasi perilaku  erhadap kepatuhannya agar dapat mematuhi instruksi yang diberikan dengan menggunakan bahasa reseptif. Pada saat pengumpulan data sistem pengukuran yang digunakan adalah latensi, yaitu penghitungan antara ketika subjek diberi perintah hingga respondennya, sedangkan tekhnik analisa datanya menggunakan visual dalam  ondisi dan antar kondisi, yaitu pada saat fase baseline dan setelah diberikan fase intervensi. Sehingga terapi Applied – Behaviour – Analysis  (ABA) atau sering dikenal dengan terapi perilaku dengan pendekatan Antecedent – Behaviour – Consequence (A-B-C) dapat meningkatkan kepatuhan siswa Down Syndrome kelas 2 SDLB ABCD PGRI Kalipuro semester genap tahun ajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-27

How to Cite

Subrata, D. G., & Mais, A. (2018). PENGARUH TERAPI APPLIED – BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) MELALUI PENDEKATAN ANTECEDENT – BEHAVIOUR – COSEQUENCE (A – B – C) TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN SISWA DOWN SYNDROME KELAS 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(2), 11–19. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/21