PERSEPSI GURU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKUSI
Keywords:
: Persepsi guru, Anak berkebtuhuhan khusus, Pendidikan InklusiAbstract
Penelitian ini betujuan untuk memberikan layanan pendidikan yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus. Sistem pendidikan yang ada saat ini harus diseting sebagai pendidikan yang memanusiakan manusia dengan menghormati hakekat kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah beberapa guru inklusi di Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru belum sepenuhnya memahami bahwa Anak Berkebutuhan Khusus memiliki hak yang sama dengan anak bangsa lainnya untuk mengenyam pendidikan, 2) Belum tersedianya SDM yang memadai di sekolah. Sehingga diperlukan suatu adanya peningkatkan kapasitas sumber daya manusia dengan banyak belajar tentang pendidikan khusus melalui pelatihan, seminar atau workshop yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan. Dinas pendidikan dan lembaga pendidikan bersinergi untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna membantu anak-anak berkebutuhan khusus berkembang lebih baik dalam aktifitas belajar