PERSEPSI GURU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKUSI

Authors

  • sugihartatik Sugihartatik PLB IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

: Persepsi guru, Anak berkebtuhuhan khusus, Pendidikan Inklusi

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk memberikan layanan pendidikan yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus. Sistem pendidikan yang ada saat ini harus diseting sebagai pendidikan yang memanusiakan manusia dengan  menghormati hakekat kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah beberapa guru inklusi di Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru belum sepenuhnya memahami bahwa  Anak Berkebutuhan Khusus memiliki hak yang sama dengan anak bangsa lainnya untuk mengenyam pendidikan, 2) Belum tersedianya SDM yang memadai di sekolah. Sehingga diperlukan suatu adanya peningkatkan kapasitas sumber daya manusia  dengan banyak belajar tentang pendidikan khusus melalui pelatihan, seminar atau workshop yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan. Dinas pendidikan  dan lembaga pendidikan bersinergi untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna membantu anak-anak berkebutuhan khusus berkembang lebih baik dalam aktifitas belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Sugihartatik, sugihartatik. (2019). PERSEPSI GURU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKUSI. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(1), 61–68. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/205

Issue

Section

Articles