MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT PADA SISWA KELAS XII TSM SMK PGRI 1 POGALAN TRENGGALEK

Authors

  • Hariyanto Hariyanto SMK PGRI 1 Pogalan Trenggalek

Keywords:

Perilaku membolos, Sefl-Management, Siswa kelas XII

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi Perilaku membolos melalui konseling individual dengan pendekatan behaviour teknik self-management pada siswa kelas XII TSM SMK PGRI 1 Pogalan Trenggalek. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Pogalan Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek yang dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2017. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII TSM SMK PGRI 1 Pogalan yang siswanya berjumlah 20 anak. Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa implementasi konseling individual dengan pendekatan behaviour teknik self-management pada siswa kelas XII TSM SMK PGRI 1 Pogalan Trenggalek dapat mengurangi perilaku membolos siswa. Hal  tersebut diindikasikan dari frekuensi perilaku membolos siswa pada pra siklus yang awalnya 60%,; siklus I 35%; dan siklus II sebesar 10% sesuai dengan indikator kinerja, yakni 15%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Hariyanto, H. (2019). MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT PADA SISWA KELAS XII TSM SMK PGRI 1 POGALAN TRENGGALEK. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(1), 19–27. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/200

Issue

Section

Articles