PENGARUH PERANGKAT LUNAK MELDICT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRADI SLB A TPA JEMBER
Keywords:
Perangkat lunak Meldict, Hasil Belajar Bahasa Inggris, TunanetraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat lunak Meldict terhadap hasil belajar bahasa Inggris pada siswa tunanetra kelas VII-VIII di
SLB A TPA Jember. Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 4 orang. Teknik
Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi, teknik test dan teknik dokumentasi. Analisa data pada penelitian ini menggunakan rumus The Sign Test atau Tes Uji Tanda. Hambatan dalam penelitian yaitu salah satu siswa yang berinisial ZFR yang masih belum begitu lancar menggunakan komputer. Dalam penggunaan perangkat
lunak Meldict, ZFR lebih lambat dibanding teman-temannya karena masih menghafalkan letak huruf demi huruf dalam keybord komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perangkat lunak Meldict terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa tunanetra kelas VII-VIII semester genap di SLB A TPA Jember tahun ajaran 2014-2015.