PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP CARA MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III C1 SDLB-C KEMALA BHAYANGKARI TRENGGALEK
Keywords:
Pemahaman Konsep Cara Menggosok Gigi, Media Gambar, Tunagrahita SedangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep cara menggosok gigi melalui media gambar pada siswa tunagrahita kelas III C1 SDLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek yang dilaksanakan pada bulan September - November 2017 mengenai pemahaman konsep cara menggosok gigi melalui media gambar. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita sedang kelas III yang berjumlah 6 anak. Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan pemahaman konsep cara menggosok gigi pada siswa tunagrahita kelas III C1 SDLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek mengalami peningkatan setelah diterapkan media gambar. Pada siklus I prestasi belajar siswa rata-rata : 70 dengan ketuntasan belajar 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 100%.