PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP CARA MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III C1 SDLB-C KEMALA BHAYANGKARI TRENGGALEK

Authors

  • Subagyo Subagyo SDLB C Kemala Bhayangkari Trenggalek

Keywords:

Pemahaman Konsep Cara Menggosok Gigi, Media Gambar, Tunagrahita Sedang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep cara menggosok gigi melalui media gambar pada siswa tunagrahita kelas III C1 SDLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek yang dilaksanakan pada bulan September - November 2017 mengenai pemahaman konsep cara menggosok gigi melalui media gambar. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita sedang kelas III yang berjumlah 6 anak. Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan pemahaman konsep cara menggosok gigi pada siswa tunagrahita kelas III C1 SDLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek mengalami peningkatan setelah diterapkan media gambar. Pada siklus I prestasi belajar siswa rata-rata : 70 dengan ketuntasan belajar 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Subagyo, S. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP CARA MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III C1 SDLB-C KEMALA BHAYANGKARI TRENGGALEK. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(1), 10–18. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/199

Issue

Section

Articles