UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI DI SDLB-B KEMALA BHAYANGKARI 1 TRENGGALEK

Authors

  • Budi Jarwaniana SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek

Keywords:

konsep perubahan benda, metode demonstrasi, tunarungu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pemahaman konsep perubahan benda  siswa pada anak tunarungu kelas enam. Siswa masih kesulitan dalam memahami konsep perubahan benda. Melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi, siswa tunarungu dirangsang secara aktif untuk melakukan kegiatan observasi secara cermat untuk meningkatkan pemahaman tentang perubahan benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa pada konsep perubahan benda dengan menggunakan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDLB.B Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek  yang berjumlah 6 siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran siklus I dan II guru menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA materi konsep perubahan benda. Hasil nilai rata-rata siswa SLB Tunarungu pra siklus yakni 50, dan hanya 2 siswa yang nilainya  mencapai KKM. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 68,3 dan siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau 50%. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,7 dengan nilai ketuntasan siswa mencapai 100%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi siswa pada konsep perubahan benda siswa tunarungu kelas VI SDLB-B Kemala Bhayangkari I Trenggalek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Jarwaniana, B. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI DI SDLB-B KEMALA BHAYANGKARI 1 TRENGGALEK. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/198

Issue

Section

Articles