PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SD INKLUSI GLAGAHWERO 01

Authors

  • Evre Rejesman Basori IKIP PGRI JEMBER
  • Gunawan Gunawan IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

Tunagrahita Ringan, Matematika Realistik, Kemampuan Berhitung

Abstract

Anak tuna grahita ringan memiliki hambatan berfikir abstrak begitu juga pada pelajaran matematika terutama dalam berhitung khususnya berhitung
penjumlahan dan pengurangan, karena penjumlahan dan pengurangan merupakan kemampuan dasar matematika yang harus benar-benar di pahami.
Permasalahan tersebut dapat teratasi dan dipecahkan dengan metode pembelajaran yang cocok misalnya dengan pembelajaran matematika realistik.
Tujuan pembelajaran matematika realistik yaitu memudahkan anak belajar matematika dengan mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.
Sehingga permasalahan berhitung penjumlahan dan pengurangan dapat teratasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian yaitu The One Group Pretest – Posttest Design dengan membandingkan hasil tes sebelum intervensi/perlakuan (pretest)
dengan hasil tes setelah intervensi/perlakuan (posttest). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Untuk menjawab rumusan
masalah pada penelitian ini, menggunakan rumus sign test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan  erhitung Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SD Inklusi Glagahwero 01 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-27

How to Cite

Basori, E. R., & Gunawan, G. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SD INKLUSI GLAGAHWERO 01. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(2), 1–5. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/19