Pengaruh Penggunaan Modifikasi Perilaku Dalam Meminimalisir Perilaku Memukul Anak ADHD
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1871Keywords:
Modifikasi Perilaku, anak ADHDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Modifikasi Perilaku Dalam Meminimalisir Perilaku Memukul Anak ADHD (Attention Defisit Hiperaktif Disorder). Penelitian ini dilakukan pada anak ADHD kelas 6 di SDN Inklusi Kebonsari 5 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain AB yang mana A adalah Baseline dan B adalah perlakuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pencatatan frekuensi yaitu tentang berapa kali suatu peristiwa atau target perilaku itu terjadi pada periode waktu tertentu. Selama pembelajaran sampai pada target perilaku memukul itu berhenti. Peneliti mengamati perilaku memukul anak ADHD mulai pukul 07.30 s/d 08.00 sedangkan untuk gelombang kedua dimulai pukul 09.30 s/d 10.00.pada tanggal 3 -7 Juni dan 10-14 Juni 2024. Keefektifan penggunaan modifikasi ditunjukkan dengan skort es perbuatan yang meningkat dari kondisi baseline ke kondisi intervensi. Pada kondisi baseline, skor perilaku memukul anak ADHD yaitu 49 % dan pada kondisi intervensi 51% sehingga rerata meningkat 2 % Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah Modifikasi Perilaku sangat berpengaruh dalam meminimalisir perilaku memukul anak ADHD kelas 6 SD di SDN Inklusi Kebonsari 5 Jember.
Downloads
References
Baihaqi, MIF & M.Sugiarmin, 2006, Memahami dan Membantu Anak ADHD,
Bandung Refika Aditama.
Bailey, J.S (1977) Handbook of research methods in applied behavior analysis
Tallahassee, FL.Copy Grafix
Dayu.P,A. 2012.Mendidik Anak ADHD: Hal-hal yang idak bisa dilakukan obat,
Yogyakarta;Javalitera.
Edi Purwanta,1998. Usaha-usaha Guru dalam Mengurangi Perilaku Agresif Anak
Tunalaras di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Yogyakarta: FIP IKIP
Johnston &Penny Packer,198, H.S (1981) Strategies and tactics of human behavioral
research. Mahwah.NJ Erlbaum
M.Abdurrahman, 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:
Depdikbud Dirjen Dikti.
Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta:Penerbit Erlangga
Subini,Nini,SPd.2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.Yogyakarta:
Javalitera
Sunardi.1996. Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Dikti PPTA
Wood, Derek, dkk, 2011. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, Cetakan IV.
Yogyakarta: Katahati Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.