Pengaruh Penggunaan Pendekatan Metode Sight Word Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Down Syndrome Usia 10 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v8i1.1867Keywords:
Kemampuan membaca, metode sight word, Down syndromeAbstract
Membaca dibutuhkan oleh anak anak dengan Down syndrome untuk membantu meningkatkan kemampuan dalam berbahasa dan kemampuan memorinya walaupun tidak sebagai pembaca yang independent, selain itu Anak Down syndrome memiliki kemampuan visual yang lebih baik daripada kemampuan auditorinya sehingga dapat menjadi modal untuk menyampaikan pembelajaran membaca untuk mereka. Penelitian ini melibatkan kemampuan visual mereka dengan pendekatan metoda sight word yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tersebut terhadap kemampuan membaca kata dan kalimat anak Down syndrome di Yayasan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Rumah Hasanah Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR) menggunakan desain A-B-A yang terdiri dari baseline-1, intervensi (B) baseline-2 (A2),pengumpulan data dilakukan melalui wawanacara dengan guru dan observasi pada subyek yaitu seorang anak down syndrome. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kemajuan terhadap kemampuan membaca pada subyek , sehingga dapat dikatakan metode ini memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca subyek seorang anak Down syndrome usia 11 tahun .
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bazin, Mireille -Berryman. (2018). Reading: Children with Down Syndrome. Journal of Graduate Studies in Education, Volume 10, Issue 2, 28 – 31. Brandon University, Manitoba
Bruni, T. P., & Hixson, M. D. (2017). Beyond sight words: Reading programs for people with intellectual disabilities. Behavioral Development Bulletin, 22(1), 249-257. American Psycological Association.
Chandra, N et al. (2010). Cytogenetic evaluation of Down syndrome: a review of 1020 referral cases. International Journal Human Genetics, volume 10, 87–93, Taylor & Francis Online.
Djiwatampu, Meithy. (2008). Membaca Untuk Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Ehri, Linnea C (2005). Learning to Read Words : Theory, findings & issues. Journal of Scientific Studies Reading, 9(2), 167 – 188. Taylor & Francis Online.
Ehri Linnea C. (2019). Phases of development in learning to read words by sight.
Gibbon, Justine M. et al. (2017). Effects of Educational Games on Sight Word Reading Achievement and Student Motivation. Journal of Language and Literacy Education, Vol. 13 Issue 2, 4 – 19. Diakses 21 Maret 2022, dari North Dakota State University.
Gunarhadi. (2005). Penanganan Anak Sindoma Down Dalam Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Irwanto, dkk. (2019). A – Z Down syndrome . Surabaya: Airlangga University Press,
Journal of Research in Reading, 8(2), 116 – 125. American Psycological Association.
Mayasari, N. (2019). Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 111-134 UIN Purwokerto.
Mengoni, Silvana E et al. (2014). Learning to read new words in individuals with Down syndrome: Testing the role of phonological knowledge. Research Development Disabilities, V.35 issue 5, 1098-1109.Science Direct
Sunanto,J. Takeuchi,K. dan Nakata, H. Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung. UPI PRESS.
Situmorang, Charina. (2011). Hubungan Sindroma Down dengan Umur Ibu, Pendidikan Ibu, Pendapatan Keluarga, dan Faktor Lingkungan. Jurnal Kedokteran Indonesia, 2(1), 96-101. Sultan Agung Islamic University.
Rahmatunnisa, Sriyanti dkk. (2020). Study Kasus Kemandirian Anak Down Syndrome Usia 8 Tahun. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, volume 17 (2), 96-108. Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.