Pentingnya Pendidikan Inklusi Untuk Memenuhi Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Rizki Sevi Triana Program Studi PG Paud, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1860

Keywords:

pemenuhan anak berkebutuhan khusus, inklusi, hak pendidikan ABK

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pemenuhan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hak-hak anak berkebutuhan khusus (ABK, jenis penelitian yang digunakan berupa kualitatif. Teknik mengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi. Subjek penelitian ialan guru kelas, beserta kepala sekolah,hasil penelitian menuntukkan bahwa anak yang berkebutuhan khusus atau (ABK) sudah sebagian mendapatkan hak mereka, walaupun melum sepenuhnya terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aniska, T. D. (2016). Layanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Hanata Widya Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(5), 75–88.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kerangka Dasar. Pusat Kurikulum.

Hallahan, & Kauffman. (1991). Exceptional Children. Prentice Hall PTR.

Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Imawati, R. (2017). Kesadaran dan Pengetahuan untuk Penanganan Awal Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga PAUD Pesanggrahan Jakarta. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(2), 169. https://doi.org/10.36722/sh.v3i2.206

Smith, J. D. (2006). Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Penerbit Nuansa.

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Depdiknas.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Triana, R. S. (2024). Pentingnya Pendidikan Inklusi Untuk Memenuhi Anak Berkebutuhan Khusus. SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(1), 27–30. https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1860