Pengaruh Media Wipe Clean Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Tunagrahita Kelas III C di SLB Negeri Surakarta

Authors

  • Nabila Alisya Robbani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Herry Widyastono Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Supriyadi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1841

Keywords:

Media Wipe Clean, Kemampuan Berhitung Permulaan, Anak Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wipe clean terhadap kemampuan berhitung permulaan anak tunagrahita kelas III C di SLB Negeri Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas III C SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 6 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis menggunakan tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji wilcoxon sign rank test dengan bantuan SPSS 29. Hasil uji data menunjukkan bahwa nilai wilcoxon sign rank test (Z) = -2.207 dan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.027 lebih kecil dari taraf signifikansi (?) = 0.05. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media wipe clean terhadap kemampuan berhitung permulaan anak tunagrahita kelas III C di SLB Negeri Surakarta. Hal ini berarti bahwa media wipe clean dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak tunagrahita kelas III C di SLB Negeri Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanto, N. (2014). Seluk beluk tunagrahita & strategi pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.

Desiningrum, D.R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosian.

Ernawati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok B TK Kristen Ngoresan 2. Wawasan Pendidikan, 1(1), 60-66.

Nurfitri, A., Octaverino, M.I.Y., Aisyi, N.S.R., Iskandar, S., & Rosmana, P.S. (2022). Meningkatkan Pengenalan Angka Melalui Media Kartu Angka Terhadap Anak Sekolah Dasar. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-20.

Pratiwi., Ratih, P., & Murtiningsih. (2016). Kiat sukses mengasuh anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rakhmania, A. (2019). Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Kepada Anak (Studi Mengenai Pemaknaan Orangtua Anak Tunagrahita dalam Memaknai Stigma Masyarakat yang diberikan pada Anak). IR-Perpustakaan Universitas Airlangga.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan research and development (R&D). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Robbani, N. A. ., Widyastono, H. ., & Supriyadi, S. (2024). Pengaruh Media Wipe Clean Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Tunagrahita Kelas III C di SLB Negeri Surakarta . SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(1), 20–26. https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1841