PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA RINGAN DALAM KELAS REGULAR SD INKLUSI DI KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Dani E. Setiawan IKIP PGRI JEMBER
  • Asrorul Mais IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

tuna grahita ringan, Efektivitas proses pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dakah pengaruh tingkat kehadiran siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa kelas IV tuna grahita ringan dalam kelas regular SD Inklusi di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inklusi di Kabupaten Jember, menggunakan metode tunjuk langsung. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi dan sample. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV semester genap dalam kelas regular SD Inklusi dan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan responden yang terdapat di 5 (lima) sekolah berjumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenter, analisa yang digunakan menggunakan rumus Kolerasi Product Moment. Dari hasil penelitian menggunakan uji kolerasi Product Moment dengan taraf signifikansi ( ? ) adalah 0.05 atau 5% dan  mendapatkan hasil 0.51 yang lebih besar dari nilai kolerasi Product Moment tabel dengan dk = 108 – 2 = 106 adalah 0.195. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Karena kriteria perhitungannya adalah Jika , maka Ho diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-19

How to Cite

Setiawan, D. E., & Mais, A. (2018). PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA RINGAN DALAM KELAS REGULAR SD INKLUSI DI KABUPATEN JEMBER. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(1), 28–33. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/18

Issue

Section

Articles