Mengapa Konsumen Membeli Produk Wirausaha Disabilitas?

Authors

  • Nike Norma Epriliyana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi,Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1732

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, wirausaha disabilitas, kasihan

Abstract

Femonena wirausaha disabilitas sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik sekitar 182 ribu penyandang disabilitas yang memutuskan untuk menjadi wirausaha karena tidak diterima di dunia kerja.  Adanya usaha yang digeluti oleh wirausaha disabilitas dapat bertahan karena jenis usahanya memiliki pangsa pasar dan konsumen yang menggunakan produknya. Konsumen memutuskan untuk menggunakan atau memakai produk/ jasa yang dihasilkan wirausaha disabilitas karena produk yang dihasilkan memiliki manfaat. Menjadi sebuah dilema tersendiri, bagi konsumen tatkala dihadapkan pada produk disabilitas, ada beberapa yang mau membeli produk atau jasa wirausaha disabilitas, ada yang memutuskan membeli karena kualitas produknya, kualitas layanan, kualitas hubungan baik, membutuhkan produk. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menyampaikan bahwa keputusan membeli produk wirausaha disabilitas karena rasa kasihan, rasa ingin membantu sesama manusia, dan menjaga agar usaha wirausaha akan tetap mengalir untuk menghidupi keluarga. Penelitian ini akan menguraikan beberapa alasan konsumen memutuskan pembelian produk wirausaha disabilitas. Fokus penelitian yaitu tentang mengeksplorasi alasan konsumen melakukan pembelian produk hasil karya wirausaha disabilitas melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Prosedur analisis dan intepretasi data terdiri dari sorting, kategorisasi, pengarsipan, analisis. Hasilnya pengambilan keputusan membeli produk wirausaha disabilitas dilatarbelakangi oleh alasan (1) produk; (2) Harga; (3) Keinginan; (4) Kasihan.

Downloads

References

Awaliyah, Komariyah dan Jhohansyah. (2020). Analisis Faktor - Faktor Yang mempengaruhi Purchase Decision (Survei Pada Konsumen Fast Food A&W di Sukabumi). JurnalSyntax Idea. Vol 2, No. 8. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/505/402

Denzin, & Lincoln. (2011). Introduction. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative research (4th ed.).

Dewanto, A. C., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Budaya , Sosial , Pribadi , dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). EMBA, 6(3), 1878– 1887.

Hoedijono, S. (2000). Aplikasi Metoda “Pengalaman Hidup” Di Dalam Penelitian Kualitatif. Vol. 12, No. 1.

Maharani. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk IPhone di Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 12, No.1. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043/1904

Margaretha dan Aritedjo. (2018). Orientasi Sosial dalam Strategi Pemasaran Pengusaha Dengan Disabilitas.https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/158519#:~:text=Pengusaha%20dengan%20disabilitas%20berupaya%20agar%20konsumen%20menyikapi%20produk,ini%20dipengaruhi%20oleh%20kepedulian%20konsumen%20terhadap%20isu-isu%20sosial.

Mediana. (2023). Semangat Wirausaha Penyandang Disabilitas, dari Katering hingga Rias Wajah. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/12/17/semangat-berwirausaha-penyandang-disabilitas. diakses Maret 2024.

Ngabiso, Radji dan Kango (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Amdk Merek Aqua di Kota Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4(1). https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453

Putra. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Smartphone Lenovo di DIY). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(3), https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jmbi/article/view/12917

Wijayana. (2016). Brand Positioning dan Trust Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah BPR Jatim Cabang Batu). Jurnal Ekonomika dan Bisnis (7)2,115 – 124. https://doi.org/10.22219/jibe.v7i2.3419

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Epriliyana, N. N. (2024). Mengapa Konsumen Membeli Produk Wirausaha Disabilitas? . SPEED Journal : Journal of Special Education, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1732