PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DI SMP INKLUSI TPA JEMBER

Authors

  • Yuril Istighfarah IKIP PGRI JEMBER
  • Partiwi Ngayuningtyas IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

Tunagrahita sedang, Matematika, Media Permainan Ular Tangga, Kemampuan Berhitung Puluhan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung melalui media permainan ular tangga terhadap siswa tunagrahita sedang kelas VIII SMP INKLUSI TPA Jember. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A – B. Subyek dalam penelitian ini adalah satu siswa dengan inisial DN. Pada desain A – B menunjukkan suatu pengulangan pada dua fase, yaitu fase baseline (A) dan fase intervensi (B). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung puluhan hal ini ditunjukkan dengan data nilai yang diperoleh pada fase baseline adalah 32, 56, 56, 56 sedangkan pada fase intervensi yaitu 60, 72, 76, 72. dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunaka analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, maka terdapat peningkatan kemampuan berhitung melalui media permainan ular tangga terhadap siswa tunagrahita sedang kelas VIII SMP Inklusi TPA Jember tahun ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-19

How to Cite

Istighfarah, Y., & Ngayuningtyas, P. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DI SMP INKLUSI TPA JEMBER. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(1), 23–27. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/17

Issue

Section

Articles