Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Siswa Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku Di Surakarta

Authors

  • Tias Martika Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1609

Keywords:

kematangan emosi, perilaku agresivitas, siswa dengan hambatan emosi dan perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan perilaku agresivitas siswa dengan hambatan emosi dan perilaku di SLB Bhina Putera surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain non-eksperimental jenis korelasional. Subjek penelitian ini merupakan siswa dengan hambatan emosi dan perilaku sejumlah delapan siswa yang dipilih melalui teknik incidental sampling. Data diperoleh melalui skala kematangan emosi dan skala agresivitas. Setelah kedua instrumen terisi, data kemudian di analisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan SPSS. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh angka korelasi sebesar -0,942 dengan taraf signifikansi 1% sebesar 0,789. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kematangan emosi berhubungan negatif dengan agresivitas siswa dengan hambatan emosi dan perilaku dengan tingkat keyakinan sebesar 99%. Artinya semakin tinggi tingkat kematangan emosi semakin rendah agresivitas, begitu pula sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Martika, T. (2024). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Siswa Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku Di Surakarta. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(2), 80–85. https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1609