Pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1575Keywords:
OMSK, pelatihan guru, program kebutuhan khusus, tunanetraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan pengajaran OMSK dasar kepada guru PDBK di SLB N Boyolali berupa pembuatan video tutorial menjadi pendamping awas bagi PDBK dengan hambatan penglihatan sebagai bentuk latihan keterampilan OMSK. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode. Diskusi, demonstrasi, penugasan dan pendampingan. Metode diskusi untuk menggali kemampuan awal guru PDBK hambatan penglihatan, sementara demonstrasi, pendampingan dan penugasan digunakan untuk melatih keterampilan dasar OMSK. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) pengalaman praktek langsung melakukan teknik OMSK secara urut dan benar, 2) meningkatnya kesadaran guru akan pentingnya melatih diri menguasai OMSK 3) Media Vidio sebagai dokumentasi tutorial latihan keterampilan OMSK yang dapat digunakan saat dibutuhkan dan sebagai pengganti tutor guru senior kepada guru junior. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan menghasilkan artefak berupa video praktek keterampilan OMSK sebagai sumber belajar dapat digunakan sebagai bahan latihan guru secara berlanjut.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.