Pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan

Authors

  • Sugini Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret
  • Sunardi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret
  • Tias Martika Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret
  • Donni Prakosha Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret
  • Mohammad Anwar Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1575

Keywords:

OMSK, pelatihan guru, program kebutuhan khusus, tunanetra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan pengajaran OMSK dasar kepada guru PDBK di SLB N Boyolali berupa pembuatan video tutorial menjadi pendamping awas bagi PDBK dengan hambatan penglihatan sebagai bentuk latihan keterampilan OMSK. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode. Diskusi, demonstrasi, penugasan dan pendampingan. Metode diskusi untuk menggali kemampuan awal guru PDBK hambatan penglihatan, sementara demonstrasi, pendampingan dan penugasan digunakan untuk melatih keterampilan dasar OMSK. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) pengalaman praktek langsung melakukan teknik OMSK secara urut dan benar, 2) meningkatnya kesadaran guru akan pentingnya melatih diri menguasai OMSK 3) Media Vidio sebagai dokumentasi tutorial latihan keterampilan OMSK yang dapat digunakan saat dibutuhkan dan sebagai pengganti tutor guru senior kepada guru junior. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan menghasilkan artefak berupa video praktek keterampilan OMSK sebagai sumber belajar dapat digunakan sebagai bahan latihan guru secara berlanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Sugini, S., Sunardi, S., Martika, . T. ., Prakosha, D. ., & Anwar, M. . (2024). Pendampingan Pengembangan Program Kebutuhan Khusus Orientasi Mobilitas Sosial Komunikasi (OMSK) bagi Guru SLBN Boyolali sebagai Penyiapan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tunanetra Mengakses Lingkungan. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(2), 50–56. https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1575