Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Dasar Pada Anak Disabilitas Intelektual Sedang Kelas 4 Melalui Media Busy Book di SLB PGRI Gondang Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1569Keywords:
Disabilitas Intelektual Sedang, Media Busy Book, Kemampuan Mengenal Warna DasarAbstract
Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Dasar Pada Anak Disabilitas Intelektual Sedang Kelas 4 Melalui Media Busy Book di SLB PGRI Gondang Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember. Partiwi Ngayuningtyas Adi, M.Pd, Dedy Ariyanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dasar pada anak disabilitas intelektual sedang kelas 4 di SLB PGRI Gondang Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A – B. Penelitian ini menggunakan subyek berjumlah 1 siswa dengan inisial IN. Pada desain A- B menunjukkan suatu pengulangan pada dua fase yaitu fase baseline (A) dan fase intervensi (B). Kemampuan mengenal warna dasar IN dalam melalui media busy book mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan dengan perolehan data nilai pada fase baseline adalah 50%, 58,3%, 58,3%, 66,6% sedangkan nilai intervensi adalah 66,6%, 75%, 83,3%, 91,6%. Data pada fase baseline dan intervensi kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisisehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan mengenal warna dasar melalui media busy book pada anak disabilitas intelektual sedang kelas 4 di SLB PGRI Gondang Tulungagung.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.