Implementasi Media Vridas-Smart Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Penyusunan Profil Belajar Siswa (PBS) Bagi Mahasiswa di Kelas Inklusif

Authors

  • Erma Kumalasari Sari Pusat Studi Difabilitas & Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sebelas Maret
  • Munawir Yusuf Pusat Studi Difabilitas & Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sebelas Maret
  • Mahardika Supratiwi Pusat Studi Difabilitas & Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sebelas Maret
  • Dian Atnantomi Wiliyanto Pusat Studi Difabilitas & Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sebelas Maret
  • Redydian Adhitya Nugraha Pusat Studi Difabilitas & Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1566

Keywords:

identifikasi dan asesmen, virtual reality, profil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Virtual Reality for Identification and Assessment Sebelas Maret University (VRiDAS-SMART) untuk meningkatkan pemahaman penyusunan profil belajar siswa (PBS) bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret (PLB UNS) di kelas inklusif. Rancangan penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi One Group Pretest-Posttest Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang mahasiswa (3 tunanetra, 3 tunarungu, 9 non-disabilitas) yang sedang menempuh mata kuliah Identifikasi dan Asesmen bagi Anak Berkebutuhan Khusus (IDAS ABK). Pengukuran terhadap pemahaman materi PBS dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pemberian media VRiDAS-SMART. Analisis data dilakukan dengan paired t-test dan didapatkan hasil rata-rata skor pretest sebesar 4.87 dan skor posttest sebesar 7.20 dengan nilai t = -4.466 dan p=0.001 (p<0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran VRiDAS-SMART dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa PLB UNS tentang penyusunan PBS pada kelas inklusif perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Sari, E. K. ., Yusuf, M. ., Supratiwi, M. ., Wiliyanto, D. A. ., & Nugraha , R. A. . (2024). Implementasi Media Vridas-Smart Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Penyusunan Profil Belajar Siswa (PBS) Bagi Mahasiswa di Kelas Inklusif. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(2), 33–41. https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1566