Penerapan Non Visual Desktop Access (NVDA) Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Perpustakaan Bagi Mahasiswa Tunanetra

Authors

  • Yuni Angraeni Atakari Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Fahriko Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Juharman Universitas Negeri Makassar
  • Heriansyah Universitas Negeri Makassar
  • Zulfitrah Universitas Negeri Makassar
  • Wahyudi HN Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1562

Keywords:

Perpustakaan, tunanetra, NVDA

Abstract

Layanan perpustakaan pada dasarnya belum menunjukkan aksesibilitas bagi penyandang tunanetra, untuk mengakses keseluruhan sumber bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk aksesibilitas perpustakaan bagi tunanetra dan mengembangkan model layanan perpustakaan berbasis suara yang dapat dijadikan rujukan dalam meningkatkan aksesibilitas perpustakaan bagi tunanetra. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian pengembangan (Research and Develovment). Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Hasil penelitian menunjukkan Model layanan Perpustakaan Bicara dapat menjadi salah satu alternatif bagi perpustakaan konvensional yang belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan orang tunanetra dalam mengakses informasi dari buku. Pengembangan layanan digitalisasi referensi bahan bacaan oleh perpustakaan konvensional dapat dilakukan dengan cara menginstal perangkat pembaca layar (Screen Reader) jenis NVDA di komputer sehingga mahasiswa tunanetra dapat mengakses bahan bacaan tersebut secara digital. hasil penelitian ini hadirnya digitalisasi sumber referensi seperti e-book, e-journal, dan e-Library berupa output suara sehingga memudahkan teman tunanetra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrizandi (2020). Pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan. Tik Ilmu, 4(1), pp. 63–75.

Farida, U., Adhi, A.N., Artikel, I. (2020). Keefektifan literasi digital UPT Perpustakaan Universitas Semarang di masa pandemi. Information Science and Library, 1(2), pp. 81–86.

Mahdi, R. (2020). Perpustakaan umum berbasis inklusi sosial: Apa dan bagaimana penerapannya? (sebuah kajian literatur) Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2), pp. 201–215.

Mubarok, R. (2021). Perpustakaan digital sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh. Al-Rabwah, 15(01), pp. 16–25.

Puspitasari, M. and Budiman, A. (2021). Perancangan sistem informasi manajemen perpustakaan menggunakan metode Fast (framework for the application system thinking) (studi kasus?: SMAN 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI). 2(2), pp. 69–77.

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Perpustakaan.

Sulistyowati, H., & Rafi, M. F. (2020). Pemanfaatan Media Pembaca Layar Pada Mahasiswa Tuna Netra Di Stkip Pgri Jombang. Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 8(1), 94.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Atakari, Y. A. ., Fahriko, M., Juharman, M., Heriansyah, H., Zulfitrah, Z., & HN, W. (2024). Penerapan Non Visual Desktop Access (NVDA) Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Perpustakaan Bagi Mahasiswa Tunanetra. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.31537/speed.v7i2.1562