Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Penggunaan Mata Uang Melalui Media Permainan Ular Tangga Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII Di Smp Inklusi Tpa Jember Tahun Ajaran 2015/2016
Keywords:
anak tunagrahita ringan, media permainan ular tangga, kemampuan penggunaan mata uangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika tentang penggunaan mata uang melalui media permainan ular tangga bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII di SMP Inklusi TPA Jember tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian dalam skripsi ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RF pada prasiklus 65% dan siklus I 50% hal ini belum mengalami peningkatan tetapi mengalami penurunan 15%, pada siklus I 50% dan siklus II 65% hal ini mengalami peningkaan 15%, pada siklus II 65% dan siklus III 75% hal ini mengalami peningkatan 10%. RHN pada prasiklus 55% dan siklus I 30% hal ini belum mengalami peningkatan tetapi mengalami penurunan 25%, pada siklus I 30% dan siklus II 50% hal ini mengalami peningkatan 20%, pada sikus II 50% dan siklus III 60% hal ini mengalami peningkatan 10%. Sedangkan AG pada prasiklus 70% dan siklus I 55% hal ini belum mengalami peningkatan tetapi mengalami penurunan 15%, pada siklus I 55% dan siklus II 75% hal ini mengalami peningkatan 20%, pada siklus II 75% dan siklus III 80% hal ini mengalami peningkatan 5%. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa penggunaan media permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika penggunaan mata uang bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII di SMP Inklusi TPA Jember.