PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI BEDAK MELALUI MEDIA BUKU POP-UP TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII B SMP INKLUSI TPA JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Fani Megasari IKIP PGRI JEMBER
  • Lailil Aflakhul Yaum IKIP PGRI JEMBER

Keywords:

anak tunagrahita sedang, bina diri, media buku pop-up, kemampuan memakai bedak.

Abstract

Tujun penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan memakai bedak melalui media buku pop-up terhadap siswa tunagarahita sedang  kelas VII B SMP Inkusi TPA Jember. Penelitian dalam skripsi ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Dan dalam penelitian ini mengambil tiga subjek siswa anak tunagarhita sedang kelas VIIB di SMP Inklusi TPA Jember. didalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus terdiri dari siklus I, siklus II, siklus III. Siklus I, II, dan III menggunakan rancangan penelitian Mc.Taggert yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I terdapat peningkatan kemampuan MA (0.66%), siklus II (1.28%), dan siklus III (2.31%). Peningkatan kemampuan SV pada siklus I (1.88%), siklus II (1.44%), dan siklus III (1.08%). Sedangkan peningkatan kemampuan SF pada siklus I (0.44%), siklus II (2.34%), dan siklus III (0.79%). Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan kemampuan memakai bedak  melalaui buku Pop-Up terhadap siswa anak tungarahita sedang kelas VII B SMP Inklusi TPA Jember tahun pelajaran 2015-2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-19

How to Cite

Megasari, F., & Yaum, L. A. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI BEDAK MELALUI MEDIA BUKU POP-UP TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII B SMP INKLUSI TPA JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016. SPEED Journal : Journal of Special Education, 1(1), 7–11. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/14

Issue

Section

Articles